PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN SERTIFIKASI GURU TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU SD DABIN III DAN IV KECAMATAN KAJEN KABUPATEN PEKALONGAN


Ike Weny Tiara , 1401412101 (2016) PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN SERTIFIKASI GURU TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU SD DABIN III DAN IV KECAMATAN KAJEN KABUPATEN PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412101.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (329kB) | Preview

Abstract

Kompetensi profesional ialah kemampuan yang harus dimiliki seorang guru yang berhubungan dengan penguasaan strategi mengajar serta materi yang diajarnya. Terdapat dua faktor yang dapat mempengaruhi kompetensi profesional guru, yaitu faktor internal yang terdiri atas latar belakang pendidikan, pengalaman mengajar, keadaan kesehatan, keadaan kesejahteraan ekonomi; dan faktor ekternal yang terdiri atas sarana pendidikan, kedisiplinan kerja disekolah, pengawasan kepala sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh latar belakang pendidikan terhadap kompetensi profesional guru sekolah dasar, pengaruh sertifikasi guru terhadap kompetensi profesional guru sekolah dasar, dan pengaruh latar belakang pendidikan dan sertifikasi guru terhadap kompetensi profesional guru sekolah dasar. Desain penelitian yang digunakan yaitu survey yang berfokus pada data dari sampel yang diambil dari populasi yang ada. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru SD Negeri di dabin III dan IV Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan yang berjumlah 164 guru dari 18 sekolah. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 116 guru yang dipilih dengan teknik probability sampling dengan jenis proporsionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi angket/ kuesioner dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik inferensial jenis statistik non-parametrik dengan teknik korelasi kendall’s tau dan regresi logistik ordinal sebagai teknik pengujian hipotesis. Semua pengolahan data dilakukan menggunakan aplikasi SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara latar belakang pendidikan terhadap kompetensi profesional guru; (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara sertifikasi guru terhadap kompetensi profesional guru; (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara latar belakang pendidikan dan sertifikasi guru secara bersama-sama terhadap kompetensi profesional guru; (4) 21,9% kompetensi profesional guru dipengaruhi oleh latar belakang pendidikan; (5) 20,9% kompetensi profesional guru dipengaruhi oleh sertifikasi guru; (6) 36,9% kompetensi profesional dipengaruhi oleh latar belakang pendidikan dan sertifikasi guru secara bersama-sama. Guru harus senantiasa memiliki motivasi untuk meningkatkan kinerjanya, baik dalam kegiatan pembelajaran di kelas, maupun dalam kegiatan diluar kelas yang berhubungan dengan profesinya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kompetensi profesional guru; latar belakang pendidikan; sertifikasi guru.
Subjects:
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 15 Jan 2018 18:09
Last Modified: 15 Jan 2018 18:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29148

Actions (login required)

View Item View Item