PENGARUH KELOMPOK KERJA GURU (KKG) TERHADAP KINERJA DAN PROFESIONALISME GURU SEKOLAH DASAR SE-GUGUS CAHYANA KECAMATAN KARANGMONCOL KABUPATEN PURABALINGGA


Putri Utami , 1401412079 (2016) PENGARUH KELOMPOK KERJA GURU (KKG) TERHADAP KINERJA DAN PROFESIONALISME GURU SEKOLAH DASAR SE-GUGUS CAHYANA KECAMATAN KARANGMONCOL KABUPATEN PURABALINGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412079.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (282kB) | Preview

Abstract

Undang-Undang Republik Indonesia No 14 Tahun 2005 menjelaskan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini, jalur pendidikan formal. Guru yang baik adalah guru yang mampu meningkatkan kinerja dan profesionalismenya. Kinerja dan profesionalisme guru dipengaruhi kegiatan profesional KKG. KKG merupakan wadah profesional guru yang bertujuan agar guru saling berbagi ilmu alam mengelola sumber daya kelas. Tujuan penelitian yaitu untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh KKG terhadap kinerja dan profesionalisme guru sekolah dasar se-Gugus Cahyana Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian yaitu seluruh guru sekolah dasar se-Gugus Cahyana Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga sebanyak 90 guru. Sampel penelitian sebanyak 72 guru yang ditentukan menggunakan teknik Proporsional Random Sampling. Variabel penelitian meliputi KKG sebagai variabel bebas, kinerja guru dan profesionalisme guru sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dan dokumentasi. Hasil uji prasyarat analisis menunjukkan data berdistribusi normal dan linier, sehingga teknik pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat pencapaian KKG sebesar 80,4% masuk dalam kategori kuat, (2) tingkat kinerja guru masuk dalam kategori kuat dengan persentase sebesar 71,4%, (3) tingkat profesionalisme guru masuk dalam kategori kuat dengan persentase sebesar 80,9%, (4) nilai sig. sebesar 0,041< 0,05 yang berarti terdapat pengaruh antara KKG dan kinerja guru, (5) nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05 berarti terdapat pengaruh antara KKG dan profesionalisme guru, (6) koefisien determinasi (R2) sebesar 0,058 menunjukkan bahwa persentase sumbangan pengaruh KKG sebesar 5,8%, (7) koefisien determinasi pada profesionalisme guru sebesar 0,264 berarti persentase sumbangan pengaruh KKG sebesar 26,4%. Hal ini menunjukkan bahwa KKG berpengaruh terhadap kinerja dan profesionalisme guru sekolah dasar. Saran dari penelitian ini yaitu kehadiran dan keaktifan guru hendaknya ditingkatkan. Kegiatan KKG hendaknya meningkatkan pelatihan penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kinerja guru, KKG, profesionalisme guru sekolah dasar.
Subjects:
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 15 Jan 2018 15:35
Last Modified: 15 Jan 2018 15:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29133

Actions (login required)

View Item View Item