ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN MODEL MEANS-ENDS ANALYSIS MATERI KUBUS DAN BALOK DITINJAU DARI KEMAMPUAN SPASIAL SISWA


Yulia Purnawati , 4101412125 (2016) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN MODEL MEANS-ENDS ANALYSIS MATERI KUBUS DAN BALOK DITINJAU DARI KEMAMPUAN SPASIAL SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101412125.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (488kB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah siswa belum optimal. Salah satu penyebabnya adalah siswa tidak menuliskan strategi pemecahan masalah serta kurang mampu memvisualisasikan masalah. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan kemampuan pemecahan masalah adalah Means-Ends Analysis. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui ketuntasan klasikal kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ungaran dengan model Means-Ends Analysis dan (2) mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran Means-Ends Analysis ditinjau dari kemampuan spasial. Penelitian ini merupakan penelitian mixed method desain concurrent embedded. Subjek penelitian sebanyak 6 siswa berdasarkan hasil tes kemampuan spasial. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah tes dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan spasial, tes kemampuan pemecahan masalah, dan pedoman wawancara. Analisis data yang dilakukan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Analisis data kuantitatif digunakan untuk mengetahui ketuntasan klasikal, yakni meliputi uji normalitas dan uji ketuntasan klasikal. Hasil penelitian ini adalah: (1) kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran model Means-ends Analysis dapat mencapai ketuntasan klasikal; (2) deskripsi kemampuan pemecahan masalah siswa adalah (a) siswa dengan kemampuan spasial tinggi menuliskan informasi yang diketahui dan ditanyakan dengan lengkap dan benar, membuat sketsa sesuai permasalahan, menuliskan urutan langkah secara sistematis, menuliskan rumus yang sesuai, melaksanakan langkah sesuai yang direncanakan, melakukan proses perhitungan secara tuntas dan benar, memeriksa kembali pengerjaan, namun kurang lengkap dalam menuliskan simpulan, (b)siswa dengan kemampuan spasial sedang kurang lengkap menuliskan informasi yang diketahui dan ditanyakan, membuat sketsa gambar kurang sesuai, menuliskan urutan langkah secara sistematis, terdapat kesalahan dalam menuliskan rumus, melaksanakan langkah sesuai yang direncanakan, melakukan proses perhitungan yang diperlukan, memeriksa kembali pengerjaan, namun terdapat kesalahan dalam menuliskan simpulan, (c)siswa dengan kemampuan spasial rendah kurang mampu menuliskan informasi yang diketahui dan ditanyakan dengan lengkap, membuat sketsa gambar kurang sesuai, menuliskan langkah penyelesaian secara sistematis, rumus yang digunakan kurang sesuai, mengalami kesalahan dalam pengerjaan, tidak memeriksa secara keseluruhan, serta terdapat kesalahan dalam menuliskan simpulan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan pemecahan masalah, Means-Ends Analysis, kemampuan spasial.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > Problem Based Learning
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 10 Jan 2018 17:59
Last Modified: 10 Jan 2018 17:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29040

Actions (login required)

View Item View Item