KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MODEL ARIAS MELALUI PENDEKATAN BRAIN-BASED LEARNING


Wahyu Yuli Handayani , 4101412120 (2016) KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MODEL ARIAS MELALUI PENDEKATAN BRAIN-BASED LEARNING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101412120.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (410kB) | Preview

Abstract

Kemampuan koneksi matematis siswa merupakan salah satu tujuan yang ingin dicapai dalam pembelajaran matematika. Kemampuan koneksi matematis adalah kemampuan seseorang dalam memperlihatkan hubungan internal dan eksternal matematika, yang meliputi: koneksi antar topik matematika, koneksi dengan disiplin ilmu lain, dan koneksi dengan kehidupan sehari-hari. Pemilihan model pembelajaran dan pendekatan pembelajaran matematika dapat mempengaruhi kemampuan koneksi matematis siswa. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah melalui pembelajaran yang menciptakan pengalaman belajar siswa untuk aktif sehingga dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis. Alternatif model pembelajaran yang yang dapat digunakan adalah model pembelajaran ARIAS melalui pendekatan Brain-based Learning. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kemampuan koneksi matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran ARIAS melalui pendekatan Brain-based Learning mencapai ketuntasan secara klasikal. (2) untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan rata-rata kemampuan koneksi matematis siswa dengan penerapan model pembelajaran ARIAS melalui pendekatan Brain-based Learning dan rata-rata kemampuan koneksi matematis siswa pada kelas kontrol yang menggunakan model ekspositori. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan posttest only control design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Banyubiru tahun ajaran 2015/2016 dengan sampel diambil secara cluster random sampling, terpilih sampel yaitu siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran ARIAS melalui pendekatan Brain-based Learning dan siswa kelas VII B sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran ekspositori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 31 dari 33 siswa dikelas eksperimen memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan 75, yang artinya berdasarkan statistika 93,94% siswa kelas eksperimen mencapai ketuntasan belajar, yaitu 75. Rata-rata kemampuan koneksi matematis aiawa kelas VII yang diajar dengan pembelajaran model ARIAS melalui pendekatan Brain-based Learning lebih baik dari rata-rata kemampuan koneksi matematis siswa kelas VII yang diajar dengan pembelajaran model ekspositori. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan pebelajaran ARIAS melalui pendekatan Brainbased Learning efektif terhadap kemampuan koneksi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan koneksi matematis, model pembelajaran ARIAS, pendekatan Brain-based Learning,
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 10 Jan 2018 13:50
Last Modified: 10 Jan 2018 13:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29035

Actions (login required)

View Item View Item