KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS X PADA PEMBELAJARAN MODEL LEARNING CYCLE 5E DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF


Dewi Kurniyati , 4101412104 (2016) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS X PADA PEMBELAJARAN MODEL LEARNING CYCLE 5E DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101412104.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (253kB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan kemampuan yang harus dicapai dalam pembelajaran matematika. Kemampuan komunikasi matematis siswa dapat berkembang dengan baik menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E. Gaya kognitif merupakan salah satu karakteristik yang perlu diperhatikan selama pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah: kemampuan komunikasi matematis siswa pada pembelajaran Learning Cycle 5E mencapai ketuntasan dan kemampuan komunikasi matematis siswa pada pembelajaran Learning Cycle 5E lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa pada pembelajaran ekspositori, serta untuk mengetahui bagaimana kemampuan komunikasi matematis siswa field independent dan field dependent pada pembelajaran model Learning Cycle 5E. Metode yang digunakan adalah mixed methods dengan desain concurrent embedded. Populasi dalam penelitian ini adalah 327 siswa kelas X SMA Negeri 1 Majenang tahun pelajaran 2015/2016 yang terbagi kedalam 10 kelas. Sampelnya adalah kelas X-3 dan kelas X-5 yang dipilih dengan cluster sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, wawancara, dan dokumentasi. Data kuantitatif diperoleh dari hasil tes kemudian dianalisis melalui uji proporsi dan uji kesamaan dua rata-rata. Pada kelas X-5 dipilih 6 subyek penelitian dengan purposive sampling yang terdiri dari 3 siswa field independent dan 3 siswa field dependent dengan masing-masing kemampuan komunikasi matematis tinggi, sedang, rendah. Data kualitatif diperoleh dari hasil tes dan wawancara kemudian dianalisis melalui reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Simpulan dalam penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematis siswa pada pembelajaran Learning Cycle 5E mencapai ketuntasan, kemampuan komunikasi matematis siswa pada pembelajaran Learning Cycle 5E lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa pada pembelajaran ekspositori, subyek field independent cenderung memenuhi lima indikator kemampuan komunikasi matematis, dan subyek field dependent cenderung memenuhi beberapa dari lima indikator kemampuan komunikasi matematis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: gaya kogitif, kemampuan komunikasi matematis, Learning Cycle 5E.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 10 Jan 2018 13:03
Last Modified: 10 Jan 2018 13:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29022

Actions (login required)

View Item View Item