DIAGNOSIS DAN UPAYA MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DENGAN INDUCED FIT REMEDIAL TEACHING STRATEGY DENGAN PENDEKATAN PARTICIPATIVE LEARNING


Windha Yunita , 4101412099 (2016) DIAGNOSIS DAN UPAYA MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DENGAN INDUCED FIT REMEDIAL TEACHING STRATEGY DENGAN PENDEKATAN PARTICIPATIVE LEARNING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101412099.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (734kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui letak dan faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada materi program linear. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian terdiri atas 9 siswa dari 34 siswa kelas X Garmen 1 SMK Bina Nusantara dengan masing-masing 3 siswa dari kelompok atas, sedang, dan bawah. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Mulyadi (2010) menjelaskan bahwa remedial teaching (pengajaran remedial) adalah suatu bentuk khusus pengajaran yang bertujuan memperbaiki sebagian atau seluruh kesulitan belajar yang dihadapi oleh siswa. Namun pada kenyataannya, remedial yang diberikan kepada siswa adalah sebatas pengulangan pelaksanaan tes saja. Pengajaran remedial juga hendaknya disesuaikan dengan letak dan faktor penyebab kesulitan yang dialami siswa. Dari kenyataan di atas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui letak dan faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada materi program linear, serta mengetahui keefektifan strategi pengajaran remedial yang diciptakan peneliti, yaitu Induced Fit Remedial Teaching Strategy dengan Pendekatan Participative Learning. Dari hasil penelitian terhadap 9 subjek penelitian diperoleh bahwa letak kesulitan belajar siswa dalam menyelesaikan soal program linear adalah memahami masalah program linear, mengubah soal cerita ke model matematika, menggambar grafik daerah penyelesaian dari masalah program linear, menentukan koordinat titik pojok dari masalah program linear, dan mencari nilai optimum dari masalah program linear. Untuk faktor penyebab kesulitan siswa dalam mengerjakan soal program linear yaitu kurang memahami konsep variabel keputusan, kurang memahami implikasi pernyataan-pernyataan dalam soal cerita matematika, kurang memahami konsep dalam menentukan daerah penyelesaian dari masalah program linear, kurang memahami soal dan tidak teliti.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Induced Fit Remedial Teaching, Kesulitan Belajar, Participative Learning.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Problem Based Learning
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 10 Jan 2018 12:56
Last Modified: 10 Jan 2018 12:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29021

Actions (login required)

View Item View Item