EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK BERGAMBAR BERCIRI BUDAYA LOKAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS VIII DI SLB NEGERI SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Roy Ardika Gunojo , 4101412090 (2016) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK BERGAMBAR BERCIRI BUDAYA LOKAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS VIII DI SLB NEGERI SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101412090.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (387kB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar matematika peserta didik tunagrahita ringan dikarenakan kurangnya inovasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru pada kurikulum 2013. Matematika menjadi salah satu pelajaran yang membutuhkan pemikiran abstrak, tentu hal ini sulit dilakukan oleh peserta didik tunagrahita ringan. Oleh karena itu, perlu dicari cara spesifik agar pelajaran matematika berbasis kurikulum 2013 dengan pendekatan sainstifik dapat diajarkan dengan optimal pada peserta didik tunagrahita ringan. Model pembelajaran Tematik Bergambar Berciri Budaya Lokal diharapkan dapat meningkatan hasil belajar matematika peserta didik tunagrahita ringan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui apakah hasil belajar matematika pada aspek pengetahuan peserta didik tunagrahita ringan dari penerapan model pembelajaran Tematik Bergambar Berciri Budaya Lokal dapat mencapai ketuntasan, (2) mendeskripsikan perubahan hasil belajar matematika pada aspek sikap peserta didik tunagrahita ringan dari sebelum penerapan model pembelajaran Tematik Bergambar Berciri Budaya Lokal hingga penerapan model tersebut, (3) mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Tematik Bergambar Berciri Budaya Lokal efektif pada hasil belajar matematika peserta didik tunagrahita ringan. Penelitian ini menggunakan Pre-Experimental Design dengan bentuk OneShot Case Study. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik SLB Negeri Salatiga tahun pelajaran 2015/2016. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dan didapatkan sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik tunagrahita ringan kelas VIII di SLB Negeri Salatiga tahun pelajaran 2015/2016. Pada akhir proses pembelajaran dilakukan pengamatan terhadap sikap peserta didik dan evaluasi terhadap pemahaman yang diperoleh peserta didik selama pemberian treatment yang selanjutnya akan diuji untuk mengetahui hasil belajar matematika. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil belajar matematika aspek pengetahuan peserta didik dapat mencapai ketuntasan sekolah, yaitu 75. Hasil belajar matematika pada aspek sikap peserta didik berubah lebih baik setelah penerapan model pembelajaran Tematik Bergambar Berciri Budaya Lokal. Jadi, model pembelajaran Tematik Bergambar Berciri Budaya Lokal efektif terhadap hasil belajar matematika peserta didik tunagrahita ringan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tematik Bergambar, Budaya Lokal, Hasil Belajar Matematika, Tunagrahita Ringan.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 10 Jan 2018 12:43
Last Modified: 10 Jan 2018 12:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29014

Actions (login required)

View Item View Item