ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA PADA MODEL PEMBELAJARAN ADDIE DENGAN PENDEKATAN REALISTIK BERBANTUAN TIME TOKEN TERHADAP SISWA SMP


Ajeng Angela Kartikarini , 4101412086 (2016) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA PADA MODEL PEMBELAJARAN ADDIE DENGAN PENDEKATAN REALISTIK BERBANTUAN TIME TOKEN TERHADAP SISWA SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101412086.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (520kB) | Preview

Abstract

Token Rendahnya kemampuan literasi matematika di Indonesia dapat dikarenakan kurangnya penerapan pembelajaran yang inovatif dan realistik. Siswa tidak terbiasa menghadapi soal yang berkaitan dengan permasalahan sehari-hari. Penanaman literasi matematika pada siswa dapat dilakukan melalui proses pembelajaran yang mendukung. Penerapan model pembelajaran ADDIE dengan pendekatan realistik berbantuan Time Token diharapkan dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui tercapainya ketuntasan kelas secara klasikal pada kelas eksperimen (2) mengetahui kemampuan literasi matematika pada kelompok siswa yang mendapatkan pembelajaran ADDIE pendekatan realistik berbantuan Time Token lebih baik dari pada kelompok siswa yang mendapatkan pembelajaran ADDIE pendekatan realistik dan kelompok siswa dengan pembelajaran ekspositori (3) mengetahui peningkatan literasi matematika pada kelompok siswa yang mendapatkan pembelajaran ADDIE pendekatan realistik berbantuan Time Token lebih baik dari pada peningkatan literasi matematika kelompok siswa yang mendapatkan pembelajaran ADDIE pendekatan realistik dan kelompok siswa dengan pembelajaran ekspositori (4) mengetahui kualitas pembelajaran ADDIE pendekatan realistik berbantuan Time Token berkategori minimal baik (5) Menelaah, mendeskripsikan kemampuan literasi matematika dan kesulitan siswa dalam mengerjakan soal berorientasi PISA Penelitian ini merupakan kombinasi model concurrent embedded dengan 70% kuantitatif dan 30% kualitatif. Penelitian kuantitatif menggunakan pretest-posttest control group design dengan pemilihan sampel secara random sampling. Penelitian kualitatif menggunakan purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VIII SMP Negeri 4 Semarang tahun ajaran 2015/2016 dengan sampel diambil secara random sampling dimana kelas VII C dan VIII A sebagai kelas ekpserimen 1, VII B dan VIII B sebagai kelas eksperimen 2, sedangkan VII A dan VIII C sebagai kelas kontrol.Keenam kelas kemudian diuji untuk mengetahui literasi matematika siswa setelah diberikan perlakuan yang berbeda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan literasi matematika kelas ekpserimen telah mencapai ketuntasan klasikal, peningkatan literasi matematika pada kelompok siswa kelas eksperimen 1 lebih baik daripada kelompok siswa eksperimen 2 dan kelompok siswa kelas kontrol. Kualitas pembelajaran menggunakan model ADDIE dengan pendekatan realistik berbantuan Time Token yang dilaksanakan memiliki kategori sangat baik. Kesulitan yang dialami siswa dalam mengerjakan soal bertipe PISA pada umumnya adalah siswa kesulitan memahami soal dan menerapkan konsep matematika kedalam permasalahan sehari-hari

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: ADDIE, Pendekatan Realistik, Literasi Matematika, Time
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 10 Jan 2018 12:27
Last Modified: 10 Jan 2018 12:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29008

Actions (login required)

View Item View Item