ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA DALAM PROBLEM BASED LEARNING(PBL)


Alifa Muhandis Sholiha Afif , 4101412084 (2016) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA DALAM PROBLEM BASED LEARNING(PBL). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101412084.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (451kB) | Preview

Abstract

Kemampuan penalaran dapat secara langsung meningkatkan hasil belajar siswa. Siswa dengan kemampuan penalaran yang rendah akan menyebabkan siswa kesulitan dalam memahami konsep matematika. Untuk mengembangkan kemampuan penalaran matematis siswa maka diperlukan model pembelajaran yang tepat. Salah satunya dengan menerapkan model problem based learning (PBL) pada pembelajaran matematika ditinjau dari gaya belajar siswa.Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa, (2) memperoleh deskripsi kemampuan penalaran matematis siswa tipe gaya belajar visual,(3) memperoleh deskripsi kemampuan penalaran matematis siswa tipe gaya belajar auditorial, dan (4) memperoleh deskripsi kemampuan penalaran matematis siswa tipe gaya belajar kinestetik. Penelitian ini adalah penelitian mixed methods. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII E SMP Negeri 2 Batang yang memiliki gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Prosedur penelitian ini adalah penyusunan instrumen, pretest, pengisian angket gaya belajar, analisis hasil angket gaya belajar, pemilihan subjek penelitian, pembelajaran PBL, posttest, wawancara, dan analisis hasil posttest dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang signifikan dalam PBL, (2) siswa tipe gaya belajar visual mampu mengajukan dugaan dan melakukan manipulasi matematika dengan memahami dan mengingat materi yang pernah dilihat dan ditulis, (3) siswa tipe gaya belajar auditorial mampu mengajukan dugaan, melakukan manipulasi matematika, dan menarik kesimpulan dengan memahami dan mengingat materi yang pernah didiskusikan, dan (4) siswa tipe gaya belajar kinestetik mampu mengajukan dugaan, melakukan manipulasi matematika, dan menarik kesimpulan dengan memahami dan mengingat materi yang pernah dipraktikkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan penalaran matematis, gaya belajar, problem based learning (PBL)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Problem Based Learning
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 10 Jan 2018 12:21
Last Modified: 10 Jan 2018 12:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29006

Actions (login required)

View Item View Item