PENGARUH KEMAMPUAN MENULIS MATEMATIKA DAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN LC5E SISWA SMP NEGERI 37 SEMARANG
Aprilina Arum Hidayat , 4101412078 (2016) PENGARUH KEMAMPUAN MENULIS MATEMATIKA DAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN LC5E SISWA SMP NEGERI 37 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (281kB) | Preview |
Abstract
Memiliki kemampuan menulis matematika yang baik dapat memudahkan siswa untuk menuangkan gagasan matematikanya. Selain kemampuan menulis matematika, yang perlu dibiasakan dalam pembelajaran matematika adalah pembelajaran yang menggunakan keterampilan proses. Dengan menggunakan keterampilan proses, siswa akan mampu menemukan konsep sendiri. Berdasakan hasil observasi, siswa kelas VII SMP Negeri 37 Semarang memiliki kecenderungan sukar mengerjakan soal-soal dalam bentuk cerita khususnya materi segiempat. Oleh karena itu, perlu diterapkan suatu model pembelajaran yang dpat memacu kemampuan menulis matematika dan keterampilan proses yaitu model pembelajaran LC5E (Learning Cycle 5E). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemampuan menulis matematika dan keterampilan proses terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika dalam pembelajaran LC5E. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dan penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 37 Semarang tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 248 siswa. Dengan menggunakan teknik random sampling, terpilih dua kelompok sampel. Kelompok eksperimen yaitu kelompok siswa yang diterapkan pembelajaran LC5E dan kelompok kontrol yaitu kelompok siswa yang diterapkan pembelajaran ekspositori. Analisis data akhir dalam penelitian ini menggunakan Regresi Linear Ganda dan menggunakan uji perbedaan rata-rata. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linear ganda ܻ ൌ 14,186 + 0,892 X1 + 0,052 X2 dengan koefisien determinasi R2 = 0,944. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita matematika 94,4% dipengaruhi oleh kemampuan menulis matematika dan kemampuan proses. Namun secara parsial kemampuan menyelesaikan soal cerita hanya dipengaruhi oleh kemampuan menulis matematika karena berdasarkan hasil uji signifikansi koefisien regresi ganda, keterampilan proses secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika. Hasil uji perbedaan rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita kelas eksperimen lebih tinggi dari rata-rata kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita kelas kontrol. Oleh karena itu, disarankan agar kemampuan menulis siswa selalu dilatih agar mendapatkan hasil pembelajaran yang semakin baik. Menulis Matematika, Keterampilan Proses, Soal Cerita, LC5E. Memiliki kemampuan menulis matematika yang baik dapat memudahkan siswa untuk menuangkan gagasan matematikanya. Selain kemampuan menulis matematika, yang perlu dibiasakan dalam pembelajaran matematika adalah pembelajaran yang menggunakan keterampilan proses. Dengan menggunakan keterampilan proses, siswa akan mampu menemukan konsep sendiri. Berdasakan hasil observasi, siswa kelas VII SMP Negeri 37 Semarang memiliki kecenderungan sukar mengerjakan soal-soal dalam bentuk cerita khususnya materi segiempat. Oleh karena itu, perlu diterapkan suatu model pembelajaran yang dpat memacu kemampuan menulis matematika dan keterampilan proses yaitu model pembelajaran LC5E (Learning Cycle 5E). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemampuan menulis matematika dan keterampilan proses terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika dalam pembelajaran LC5E. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dan penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 37 Semarang tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 248 siswa. Dengan menggunakan teknik random sampling, terpilih dua kelompok sampel. Kelompok eksperimen yaitu kelompok siswa yang diterapkan pembelajaran LC5E dan kelompok kontrol yaitu kelompok siswa yang diterapkan pembelajaran ekspositori. Analisis data akhir dalam penelitian ini menggunakan Regresi Linear Ganda dan menggunakan uji perbedaan rata-rata. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linear ganda ܻ ൌ 14,186 + 0,892 X1 + 0,052 X2 dengan koefisien determinasi R2 = 0,944. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita matematika 94,4% dipengaruhi oleh kemampuan menulis matematika dan kemampuan proses. Namun secara parsial kemampuan menyelesaikan soal cerita hanya dipengaruhi oleh kemampuan menulis matematika karena berdasarkan hasil uji signifikansi koefisien regresi ganda, keterampilan proses secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika. Hasil uji perbedaan rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita kelas eksperimen lebih tinggi dari rata-rata kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita kelas kontrol. Oleh karena itu, disarankan agar kemampuan menulis siswa selalu dilatih agar mendapatkan hasil pembelajaran yang semakin baik.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Menulis Matematika, Keterampilan Proses, Soal Cerita, LC5E. |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Learning Model L Education > Special Education > Mathematics Education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | Indah Tri Pujiati |
Date Deposited: | 09 Jan 2018 18:27 |
Last Modified: | 09 Jan 2018 18:27 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29001 |
Actions (login required)
View Item |