KECEMASAN MATEMATIK SISWA KELAS XI SMK BERDASARKAN MAHMOOD DAN KHATOON DALAM SETTING PROBLEM BASED LEARNING


Desy Kumalasari , 4101412053 (2016) KECEMASAN MATEMATIK SISWA KELAS XI SMK BERDASARKAN MAHMOOD DAN KHATOON DALAM SETTING PROBLEM BASED LEARNING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101412053.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (259kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas pembelajaran matematika dalam setting problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI SMK, mendeskripsikan tingkat kecemasan matematik siswa dalam mengikuti pelajaran matematika dalam setting problem based learning, dan mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah berdasarkan tingkat kecemasan matematik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed methods. Pendekatan kuantitatif digunakan untuk menghitung ketuntasan belajar siswa. Sedangkan pendekatan kualitatif digunakan untuk menganalisis tingkat kecemasan matematik dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Serta untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari kecemasan matematik siswa. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 6 siswa kelas XI TKKB SMK Negeri 10 Semarang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, dokumentasi, tes, dan wawancara. Wawancara dilakukan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika dari masing-masing tingkat kecemasan matematik siswa. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kualitas pembelajaran, analisis tingkat kecemasan matematik, analisis kemampuan pemecahan masalah, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini diperoleh (1) kualitas pembelajaran dalam setting problem based learning dalam kategori baik dengan penilaian perencanaan silabus sangat baik dan RPP valid, pengajaran yang terdiri dari penilaian kinerja guru dan aktivitas siswa dalam kriteria sangat baik, dan evaluasi yang terdiri dari penilaian kerja kelompok dan tes formatif menunjukkan lebih dari 75% siswa memenuhi KKM yang ditetapkan, (2) tingkat kecemasan matematik siswa kelas XI SMK Negeri 10 Semarang sebelum pembelajaran matematika adalah rendah, pada saat kegiatan pembelajaran adalah tinggi, dan setelah kegiatan pembelajaran adalah rendah, untuk tingkat kecemasan sebelum tes kemampuan pemecahan masalah adalah rendah, dan setelah tes kemampuan pemecahan masalah adalah tinggi, dan (3) kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang tingkat kecemasan matematik rendah lebih baik dari pada siswa yang tingkat kecemasan matematiknya tinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kecemasan Matematik, Mahmood dan Khatoon, Problem Based Learning
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 09 Jan 2018 13:10
Last Modified: 09 Jan 2018 13:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28979

Actions (login required)

View Item View Item