ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII MATERI SPLDV DALAM MODEL-ELICITING ACTIVITIES SETTING PENDEKATAN SCIENTIFIC
Nur Riana Dinda Astari , 4101412046 (2016) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII MATERI SPLDV DALAM MODEL-ELICITING ACTIVITIES SETTING PENDEKATAN SCIENTIFIC. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (329kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan penalaran matematis siswa kelas eksperimen pada materi SPLDV yang dikenai pembelajaran ModelEliciting Activities setting pendekatan scientific lebih baik daripada kemampuan penalaran matematis siswa pada kelas yang dikenai pembelajaran seperti biasa oleh guru, memperoleh deskripsi kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal pada materi SPLDV, dan mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pada materi SPLDV. Jenis penelitian yang digunakan adalah mixed methods dengan metode penelitiannya adalah concurrent embedded. Sampel yang dipilih dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII F sebagai kelas yang dikenai pembelajaran seperti biasa oleh guru. Subjek penelitian adalah 9 siswa kelas VIII D yang diambil dari kelompok tinggi, sedang dan rendah. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) kemampuan penalaran matematis siswa kelas eksperimen pada materi SPLDV yang dikenai pembelajaran Model-Eliciting Activities setting pendekatan scientific lebih baik daripada kemampuan penalaran matematis siswa pada kelas yang dikenai pembelajaran seperti biasa oleh guru; (2) tiga subjek penelitian yang berada pada kategori kelompok tinggi cenderung mampu mencapai tujuh indikator kemampuan penalaran matematis, tiga subjek penelitian yang berada pada kategori kelompok sedang cenderung mampu mencapai empat indikator kemampuan penalaran matematis, dan tiga subjek penelitian yang berada pada kategori kelompok rendah cenderung mampu mencapai hanya dua indikator kemampuan penalaran matematis; (3) kelompok kemampuan penalaran matematis tinggi cenderung pada Tipe Kesalahan I dan Tipe Kesalahan II dengan faktor-faktor penyebabnya adalah tidak cermat dalam membaca soal, tidak teliti dalam mengerjakan, dan tidak dapat mengubah kalimat soal dalam kalimat matematika, kelompok kemampuan penalaran matematis sedang cenderung pada Tipe Kesalahan I, II, dan III dengan dengan faktor-faktor penyebabnya adalah tidak dapat mengubah kalimat soal dalam kalimat matematika, tidak teliti dalam mengerjakan, tidak cermat dalam membaca soal, dan tidak tahu harus menggunakan metode/cara apa dalam mengerjakan, dan kelompok kemampuan penalaran matematis rendah cenderung pada Tipe Kesalahan I, II, dan III dengan dengan faktor-faktor penyebabnya adalah tidak tahu harus menggunakan metode/cara apa dalam mengerjakan, tidak dapat melakukan perhitungan yang melibatkan variabel, tidak teliti dalam mengerjakan, tidak cermat dalam membaca soal, tidak dapat mengubah kalimat soal dalam kalimat matematika, dan tergesa-gesa dalam mengerjakan sehingga tidak memperhatikan petunjuk pengerjaan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | analisis, kemampuan penalaran matematis, Model-Eliciting Activities, SPLDV, pendekatan scientific |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Learning Model L Education > Special Education > Mathematics Education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | Indah Tri Pujiati |
Date Deposited: | 09 Jan 2018 12:52 |
Last Modified: | 09 Jan 2018 12:52 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28974 |
Actions (login required)
View Item |