ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R


Ayu Hartati , 4101412030 (2016) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101412030.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (258kB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis menjadi salah satu kemampuan yang penting untuk siswa. Berdasarkan survei dari TIMSS menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa di Indonesia jauh di bawah negara-negara lain. Oleh karena itu diperlukan suatu tindakan untuk mengembangkan kemampuan komunikasi matematis siswa tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui apakah rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII pada pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran PQ4R lebih baik daripada rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa VII pada pembelajaran dengan menggunakan metode ekspositori, (2) memperoleh gambaran hasil analisis kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII pada pembelajaran dengan menggunakan strategi PQ4R. Jenis penelitian yang digunakan adalah mixed methods dengan model sequential explanatory design dimana menggunakan penelitian kuantitatif dan kualitatif secara berurutan. Penellitian kuantitatif menggunakan uji-t sedangkan untuk penelitian kualitatif dianalisis secara deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Juwana dan sampel dalam penelitian ini siswa kelas VII C (sebagai kelas eksperimen) dan kelas VII D (sebagai kelas kontrol) dimana subjek penelitian adalah 9 orang siswa dari kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII pada pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran PQ4R lebih baik daripada rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa VII pada pembelajaran dengan menggunakan metode ekspositori. Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa kelompok tinggi, kelompok sedang, dan kelompok rendah secara bertuurut-turut diperoleh hasil bahwa siswa pada kelompok tinggi “sangat baik”, siswa pada kelompok sedang “baik”, dan siswa pada kelompok rendah “cukup baik” dalam menguasai indikator kemampuan komunikasi matematis. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan guru perlu memberikan pemahaman kepada siswa kelompok rendah tentang indikatorindikator kemampuan komunikasi matematis yang harus dicapai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis; Kelompok Tinggi; Kelompok Sedang; Kelompok Rendah; Strategi Pembelajaran PQ4R.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 09 Jan 2018 12:39
Last Modified: 09 Jan 2018 12:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28970

Actions (login required)

View Item View Item