ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP KELAS VIII MATERI GEOMETRI BERDASARKAN GAYA KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E


Diah Puji Rahayu , 4101412018 (2016) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP KELAS VIII MATERI GEOMETRI BERDASARKAN GAYA KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101412018.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (378kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi kemampuan komunikasi matematis siswa SMP Kelas VIII ditinjau dari gaya kognitif dengan model pembelajaran Learning Cycle 7E. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 38 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, tes kemampuan komunikasi matematis dan wawancara. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini berusaha untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa berdasar gaya kognitif reflektif dan impulsif. Pengukuran komunikasi matematis siswa dilihat dari beberapa indikatornya, antara lain: (1) kemampuan mengekspresikan ide matematis melalui tulisan, (2) kemampuan menggambarkan ide matematis secara visual, (3) kemampuan menginterpretasikan ide matematis secara tulisan, (4) kemampuan mengevaluasi ide matematis secara tulisan. Analisis data dilakukan dengan tahap reduksi data, penyajian data, verifikasi dan kesimpulan. Berdasarkan analisis data, bahwa subjek dengan gaya kognitif reflektif dan impulsive memiliki skor sama dalam pemenuhan indikator (1) dan (4) kemampuan komunikasi matematis, sedangkan pada indikator kemampuan komunikasi matematis (2),(3) subjek dengan gaya kognitif impulsive cenderung lebih baik dibandingkan dengan gaya kognitif reflektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek yang bergaya kognitif impulsif cenderung lebih baik dalam pemenuhan indikator kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII dibandingkan dengan siswa yang bergaya kognitif reflektif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis, Gaya Kognitif Reflektif, Gaya Kognitif Impulsif, Learning Cycle 7E.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 09 Jan 2018 11:49
Last Modified: 12 Jan 2018 17:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28963

Actions (login required)

View Item View Item