KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA PEMBELAJARAN MODEL NUMBER HEAD TOGETHER BERDASARKAN GAYA KOGNITIF SISWA KELAS VIII


Aulia Trisna Ningsih , 4101412012 (2016) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA PEMBELAJARAN MODEL NUMBER HEAD TOGETHER BERDASARKAN GAYA KOGNITIF SISWA KELAS VIII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101412012.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (240kB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis siswa SMP kurang memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa pada pembelajaran model NHT mencapai ketuntasan klasikal, kemampuan komunikasi siswa pada pembelajaran model NHT lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan pembelajaran konvensional, kemampuan komunikasi matematis siswa dengan model NHT meningkat, serta untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis pada pembelajaran model NHT berdasarkan gaya kognitif FD dan FI. Jenis penelitian ini adalah penelitian kombinasi atau mixed methods yaitu menggabungkan penelitian kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian ini dari SMP N 2 Kaliori. Metode pengumpulan data menggunakan teknik tes dan wawancara, kemudian dianalisis dengan uji proporsi, uji t, uji gain dan kualitatif deskriptif. Berdasarkan analisis kuantitatif diperoleh kemampuan komunikasi matematis siswa pada pembelajaran model NHT mencapai ketuntasan klasikal, rata – rata kemampuan komunikasi siswa pada pembelajaran model NHT lebih tinggi dibandingkan kemampuan komunikasi siswa pada pembelajaran konvensional, kemampuan komunikasi matematis siswa pada pembelajaran model NHT meningkat. Berdasarkan analisis deskriptif diperoleh kemampuan komunikasi siswa dengan gaya kognitif FD mencapai indikator komunikasi matematis seperti mengekspresikan ide matematis, memberikan penilaian terhadap permasalahan, dan menggunakan simbol matematis dalam memformulasikan permasalahan namun dalam menyelesaikan masalah subjek FD kurang teliti, tidak menggunakan analisis yang benar, tidak dapat menggambar secara visual dengan tepat dan melihat permasalahan secara menyeluruh, siswa dengan gaya kognitif FI mencapai semua indikator komunikasi matematis dengan baik seperti mengekspresikan ide matematis, mendemonstrasikan ide matematis, menggambar secara visual, menginterpretasikan ide matematis, mengevaluasi dan menggunakan simbol matematis, subjek FI dapat menyelesaikan permasalahan dengan teliti, menganalisis dengan benar dan rinci.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan komunikasi matematis, NHT, gaya kognitif.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 09 Jan 2018 10:49
Last Modified: 09 Jan 2018 10:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28952

Actions (login required)

View Item View Item