ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DITINJAU DARI KEMAMPUAN METAKOGNISI SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIKBERBANTUAN ALAT PERAGA MANIPULATIF


Mawar Defi Anggraini , 4101412007 (2016) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DITINJAU DARI KEMAMPUAN METAKOGNISI SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIKBERBANTUAN ALAT PERAGA MANIPULATIF. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101412007.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (392kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pencapaian ketuntasan klasikal kemampuan berpikir kreatif dan mengetahui hasil analisis kemampuan berpikir kreatif berdasarkan kemampuan metakognisi siswa pada pembelajaran matematika dengan pendekatan saintifik berbantuan alat peraga manipulatif. Penelitian ini merupakan penelitian mixed methods dengan populasi adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Semarang, sampel adalah siswa kelas VIII A dan dipilih dua siswa berkemampuan metakognisi sedang dan dua siswa berkemampuan metakognisi tinggi sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran matematika dengan pendekatan saintifik berbantuan alat peraga manipulatif mencapai ketuntasan belajar secara klasikal; (2) siswa berkemampuan metakognisi tinggi termasuk ke dalam kelompok siswa yang kreatif, mensintesis ide melalui pengalaman sehari-hari, membangun ide dengan mempertimbangkan informasi yang diketahui pada soal dan menggabungkan beberapa ide, merencanakan penerapan ide dengan mencorat-coret, serta menerapkan ide berdasarkan cara, konsep atau prosedur yang baru; (3) siswa berkemampuan metakognisi sedang termasuk siswa ke dalam kelompok siswa yang yang sangat kreatif dan kurang kreatif. Siswa yang sangat kreatif mensintesis ide melalui pengalamannya mengerjakan soal dari internet, buku dan les, membangun ide dengan mempertimbangkan informasi yang diketahui pada soal, merencanakan penerapan ide dengan membayangkan ide, dan menerapkan ide berdasarkan cara, konsep atau prosedur yang baru. Siswa yang kurang kreatif mensintesis ide melalui pembelajaran di kelas, membangun ide dengan mempertimbangkan informasi yang diketahui pada soal dan tidak dapat menggabungkan beberapa ide, dan menerapkan ide berdasar cara, konsep atau prosedur yang baru dengan mempertimbangkan soal yang mudah

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berpikir kreatif, metakognisi, pendekatan saintifik
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 05 Jan 2018 13:41
Last Modified: 05 Jan 2018 13:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28944

Actions (login required)

View Item View Item