KEEFEKTIFAN IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MID TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 WANADADI


Letty Andrias Muninggar , 4101412003 (2016) KEEFEKTIFAN IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MID TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 WANADADI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101412003.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (307kB) | Preview

Abstract

Komunikasi matematis merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki agar peserta didik mampu menyampaikan gagasan, pendapat ataupun ide matematisnya dalam bentuk lisan maupun tulisan. Akan tetapi, pada kenyataannya kemampuan komunikasi matematis peserta didik masih kurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi model pembelajaran Meaningful Instructional Design efektif terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada materi segiempat. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Wanadadi tahun pelajaran 2015/2016 sebanyak 224 peserta didik yang terbagi dalam 7 kelas yaitu kelas VIIA, VIIB, VIIC, VIID, VIIE, VIIF dan VIIG. Dengan teknik random sampling, terpilih dua kelompok sampel yaitu peserta didik kelas VIIB sebagai kelompok eksperimen dan peserta didik kelas VIIE sebagai kelompok kontrol dengan pertimbangan tertentu dan pengujian uji asumsi. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, tes, dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji normalitas, uji homogenitas varians, uji ketuntasan belajar klasikal, uji rata-rata berdasarkan KKM, uji kesamaan dua proporsi dan uji kesamaan dua rata-rata. Hasil peneliitian menunjukkan bahwa: Implementasi model pembelajaran Meaningful Instructional Design efektif terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada materi segiempat, karena telah memenuhi indikator sebagai berikut: (1) Persentase banyaknya peserta didik yang mencapai KKM terhadap kemampuan komunikasi matematis dengan pembelajaran MID mencapai ketuntasan klasikal; (2) Rata-rata nilai pada aspek kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang mendapat pembelajaran MID mencapai KKM; (3) Proporsi ketuntasan peserta didik terhadap kemampuan komunikasi matematis dengan pembelajaran MID lebih dari proporsi ketuntasan peserta didik dengan pembelajaran STAD; (4) Rata-rata nilai pada aspek kemampuan komunikasi matematis peserta didik dengan pembelajaran MID lebih dari rata-rata kemampuan komunikasi matematis peserta didik dengan pembelajaran STAD.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: MID, Kemampuan Komunikasi Matematis.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 05 Jan 2018 13:24
Last Modified: 05 Jan 2018 13:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28940

Actions (login required)

View Item View Item