ANALISISKEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH BERDASARKAN DISPOSISI MATEMATIS PESERTA DIDIK DALAM SETTING MODEL ANCHORED INSTRUCTION
Amanda Rossi Pratiwi , 410412002 (2016) ANALISISKEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH BERDASARKAN DISPOSISI MATEMATIS PESERTA DIDIK DALAM SETTING MODEL ANCHORED INSTRUCTION. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (520kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang belum optimal perlu ditinjau lebih lanjut berdasarkan disposisi matematis, karena disposisi matematis menunjang kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran mengenai kualitas pembelajaran dalam setting model Anchored Instruction dan kemampuan pemecahan masalah berdasarkan disposisi matematis peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui skala disposisi matematis, tes kemampuan pemecahan masalah, dan pedoman wawancara. Pengambilan subjek penelitian dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Subjek penelitian ini adalah 9 peserta didik kelas VIII C SMP Negeri 1 Banjarmangu, yang terdiri dari 3 peserta didik pada tiap kategori disposisi matematis. Data mengenai kemampuan pemecahan masalah dianalisis dari hasil tes kemampuan pemecahan masalah lalu dilakukan triangulasi dengan data hasil wawancara kemampuan pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan (1) kualitas pembelajaran dalam setting model Anchored Instruction diperoleh perencanaan pembelajaran dalam kriteria baik, pelaksanaan pembelajaran dalam kriteria sangat baik, dan penilaian hasil pembelajaran menunjukkan lebih dari 75% peserta didik memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan; (2) peserta didik yang berdisposisi matematis tinggi, dalam memecahkan masalah melalui tahap memahami masalah, merencanakan pemecahan, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali; (3) peserta didik yang berdisposisi matematis sedang, dalam memecahkan masalah melalui tahap memahami masalah, merencanakan pemecahan, melaksanakan rencana, namun belum mampu memeriksa kembali; dan (4) peserta didik yang berdisposisi matematis rendah, dalam memecahkan masalah melalui tahap memahami masalah, akan tetapi peserta didik belum mampu merencanakan pemecahan, sehingga tidak dapat mencapai tahap melaksanakan rencana dan memeriksa kembali. Terlihat bahwa 9 subjek penelitian dapat melalui tahap memahami masalah. Namun kemampuan peserta didik dalam merencanakan pemecahan, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali bergantung pada disposisi matematis yang dimiliki peserta didik.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan pemecahan masalah, disposisi matematis, Anchored Instruction. |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Learning Model L Education > Special Education > Mathematics Education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | Indah Tri Pujiati |
Date Deposited: | 05 Jan 2018 13:19 |
Last Modified: | 05 Jan 2018 13:19 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28939 |
Actions (login required)
View Item |