MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN SMART STICKER UNTUK MENINGKATKAN DISPOSISI MATEMATIK DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
Ida Wahyu Kurniati , 4101411127 (2016) MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN SMART STICKER UNTUK MENINGKATKAN DISPOSISI MATEMATIK DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (532kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan analisis hasil PISA 2009 dan hasil UN 2011-2013 diketahui bahwa kemampuan berpikir kritis siswa perlu ditingkatkan. Sedangkan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis diperlukan disposisi matematik yang baik pula. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Smart Sticker mampu meningkatkan disposisi matematik dan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan pretestpostest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 40 Semarang. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling, diperoleh dua kelas sampel, yaitu kelas VIII H sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan metode dokumentasi, tes, dan skala disposisi. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji proporsi, uji ketidaksamaan dua rata-rata, dan uji N-gain. Hasil analisis data akhir diperoleh bahwa: (1) rata-rata kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen mencapai nilai lebih dari 65; (2) kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen yang lebih dari 65, mencapai lebih dari 70%; (3) nilai 2,8 2 � � � tabelhitung tt , sehingga rata-rata kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol; (4) nilai 72 0,�g untuk peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa secara klasikal dalam kategori tinggi, 2,2 2 � � � tabelhitung tt , yang berarti peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol; (5) 2152, � � � tabelhitung tt , sehingga rata-rata disposisi matematik siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol; (6) nilai 0,6 �g untuk peningkatan disposisi matematik siswa secara klasikal dalam kategori sedang, 6,9 2 � � � tabelhitung tt yang berarti peningkatan disposisi matematik siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Simpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran Discovery Learning berbantuan Smart Sticker dapat meningkatkan disposisi matematik dan kemampuan berpikir kritis. Bagi yang akan menggunakan model tersebut disarankan untuk mengatur waktu secara efektif dan mensosialisasikan sebelum pembelajaran dimulai agar mencapai tujuan yang diinginkan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Discovery Learning; Smart Sticker; Disposisi Matematik; Kemampuan Berpikir Kritis. |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Learning Model L Education > Special Education > Mathematics Education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | Indah Tri Pujiati |
Date Deposited: | 05 Jan 2018 12:38 |
Last Modified: | 05 Jan 2018 12:38 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28918 |
Actions (login required)
View Item |