KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MURDER BERPENDEKATAN PMRI DENGAN ASESMEN KINERJA PADA PENCAPAIAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA SMP SERUPA PISA


Uswatun Hasanah , 4101411114 (2015) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MURDER BERPENDEKATAN PMRI DENGAN ASESMEN KINERJA PADA PENCAPAIAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA SMP SERUPA PISA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101411114.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (345kB) | Preview

Abstract

Ternormalisasi, Kemampuan Literasi Matematika. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui keefektifan pembelajaran MURDER berpendekatan PMRI dengan asesmen kinerja terhadap pencapaian kemampuan literasi matematika pesera didik kelas VII, (2) mengetahui kualitas pembelajaran pada pembelajaran MURDER berpendekatan PMRI dengan asesmen kinerja, dan (3) mengetahui kemampuan literasi siswa dalam menyelesaikan soal literasi matematika serupa PISA pada pembelajaran MURDER berpendekatan PMRI dengan asesmen kinerja. Metode penelitian ini adalah metode kombinasi model concurrent embedded dengan metode kuantitatif sebagai metode primer dan metode kualitatif sebagai metode sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Semarang tahun ajaran 2014/2015. Dengan teknik cluster random sampling, terpilih kelas VIIIC sebagai kelas eksperimen 1, kelas VIII B sebagai kelas eksperimen 2, dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Kelompok sampel diberi pretes dan postes dengan instrumen yang sama. Data kuantitatif yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji proporsi, ANAVA, uji LSD, dan uji Gain ternormalisasi. Untuk data kualitatif, pemilihan subjek berdasarkan teknik purposive sampling. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran MURDER berpendekatan PMRI dengan asesmen kinerja efektif pada pencapaian kemampuan literasi matematika siswa, karena didasarkan pada: terpenuhinya kriteria ketuntasan klasikal, terdapat perbedaan rata-rata dengan kelas melalui pembelajaran MURDER berpendekatan PMRI dengan asesmen kinerja lebih baik dari dengan kelas melalui pembelajaran MURDER berpendekatan PMRI, lebih baik dari dengan kelas melalui pembelajaran ekspositori, dan adanya peningkatan kemampuan literasi matematika siswa melalui pembelajaran MURDER berpendekatan PMRI dengan asesmen kinerja antara sebelum dan sesudah pembelajaran, (2) kualitas pembelajaran melalui pembelajaran MURDER berpendekatan PMRI dengan asesmen kinerja mencapai kategori baik, dan (3) kemampuan literasi matematika subjek pada kelompok atas dapat memenuhi enam aspek pada literasi matematika, subjek pada kelompok menengah dapat memenuhi lima aspek pada literasi matematika, dan subjek pada kelompok bawah dapat memenuhi tiga aspek pada literasi matematika. Saran dari dari hasil penelitian ini adalah dalam pembelajaran siswa perlu diberikan soal-soal yang kontekstual dan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Selain itu pembelajaran MURDER berpendekatan PMRI dengan asesmen kinerja disarankan untuk digunakan dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran MURDER, PMRI, Asesmen Kinerja, Gain
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 05 Jan 2018 12:12
Last Modified: 05 Jan 2018 12:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28915

Actions (login required)

View Item View Item