ANALISIS PENALARAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA ARITMETIKA SOSIAL KELAS VII BERDASARKAN LITHNERMELALUIMODEL TPS


Ikha Brillyani Widyaswara , 4101411108 (2015) ANALISIS PENALARAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA ARITMETIKA SOSIAL KELAS VII BERDASARKAN LITHNERMELALUIMODEL TPS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101411108.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (400kB) | Preview

Abstract

Penalaran merupakan suatu yang sangat penting dalam memahami pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penalaran siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi aritmetika sosial berdasarkan kategori penalaran Lithner sebelum dan sesudah menggunakan pembelajaran dengan model TPS. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kombinasi concurrent embedded design, yang menggabungkan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dengan mencampur kedua metode tersebut secara tidak seimbang. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Data dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan uji data statistik. Hasil analisis penalaran siswa dalam menyelesaikan soal aritmetika sosial sebelum menggunakan model TPS diperoleh bahwa semua siswa berada pada kategori penalaran imitative reasoning yaitu memorised reasoning dan algorithmic reasoning. Ini berarti siswa masih terfokus pada apa yang diajarkan oleh guru ataupun dari buku yang dipelajari sehingga belum mampu mengembangkan penalarannya. Melalui TPS diperoleh hasil bahwa subjek penelitian memorised reasoning dapat berubah menjadi algorithmic reasoning ketika mengikuti alur TPS dengan baik maka dapat memperdalam pemahaman konsepnya sehingga akan dapat menentukan strategi dan perhitungan yang tepat. Untuk algorithmic reasoning cenderung tetap karena sulit untuk memunculkan ide-ide baru sehingga penyelesaian soal yang dilakukan siswa kurang variatif. Uji data statistik menunjukkan bahwa rata-rata tes akhir penalaran siswa setelah menggunakan TPS lebih baik daripada tes penalaran awalnya. Tetapi, hasil tersebut belum cukup memuaskan untuk mencapai target KKM secara klasikal karena berdasarkan uji n-gain peningkatan hasil tes penalaran siswa masih dalam kategori yang rendah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penalaran Lithner, Soal Cerita Aritmetika Sosial, TPS, Analisis.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 05 Jan 2018 12:05
Last Modified: 05 Jan 2018 12:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28912

Actions (login required)

View Item View Item