KEEFEKTIFAN MODELPEMBELAJARANSEARCH SOLVE CREATE AND SHARE (SSCS) DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUALTERHADAP KEMAMPUANBERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VIII


Ria Freviana Butar Butar , 4101411064 (2015) KEEFEKTIFAN MODELPEMBELAJARANSEARCH SOLVE CREATE AND SHARE (SSCS) DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUALTERHADAP KEMAMPUANBERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VIII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101411064.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (629kB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif secara umum masih tergolong rendah. Hal ini dikarenakan pembelajaran masih berpusat kepada guru dan siswa kurang aktif di dalam pembelajaran Untuk itu diperlukan inovasi pembelajaran yang berpusat pada siswa dan dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Model pembelajaran Search Solve Create and Share (SSCS) dengan pendekatan kontekstual merupakan pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif menemukan konsep maupun menyelesaikan suatu permasalahan . Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran SSCS dengan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII pada materi kubus dan balok dalam mencapai ketuntasan belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rantau Selatan tahun ajaran 2014/2015. Dengan menggunakan cluster random sampling dipilih satu kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas VIII 2 sebagai kelas eksperimen dengan diberi perlakuan model pembelajaran SSCS dengan pendekatan kontekstual. Data hasil penelitian diperoleh dengan metode dokumentasi, tes dan observasi. Kelas eksperimen diberikan tes dengan instrumen yang sudah dianalisis validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan taraf kesukaran tiap butir soal. Data yang diperoleh merupakan hasil tes kemampuan berpikir kreatif siswa yang kemudian dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, dan uji proporsi satu pihak yaitu pihak kanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII 2 pada materi kubus dan balok dalam pembelajaran SSCS dengan pendekatan kontekstual mencapai ketuntasan belajar dengan 87,5% siswa mencapai ketuntasan dan rata-ratanya 80. Simpulan yang diperoleh adalah penerapan model pembelajaran Search Solve Create and Share (SSCS) dengan pendekatan kontekstual efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII semester 2 SMP Negeri 1 Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: model SSCS, pendekatan kontekstual, kemampuan berpikir kreatif.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 03 Jan 2018 13:01
Last Modified: 03 Jan 2018 13:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28850

Actions (login required)

View Item View Item