ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH BERDASARKAN ANALISIS NEWMAN PADA PEMBELAJARAN MODEL PBL


Fenty Atikasari , 4101411045 (2016) ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH BERDASARKAN ANALISIS NEWMAN PADA PEMBELAJARAN MODEL PBL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101411045.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (241kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui (1) kualitas pembelajaran matematika dengan model PBL dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, (2) jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas VIII dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah berdasarkan analisis Newman, dan (3) faktor-faktor penyebab terjadinya kesalahan siswa kelas VIII dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah berdasarkan analisis Newman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan metode wawancara. Subjek penelitian diambil 6 orang dari 24 siswa kelas VIII-C, masing-masing terdiri atas 2 siswa dari kelompok atas, 2 siswa dari kelompok sedang, dan 2 siswa dari kelompok bawah. Hasil penelitian menunjukkan (1) kualitas pembelajaran matematika model PBL berkualitas dengan penilaian perencanaan proses pembelajaran dan pelaksanaan proses pembelajaran dalam kriteria sangat baik, serta penilaian hasil pembelajaran menunjukkan 75% siswa memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan. (2) Jenis kesalahan yang dilakukan siswa meliputi: (a) kesalahan membaca dilakukan oleh 2 subjek penelitian, (b) jenis kesalahan memahami masalah dilakukan dilakukan oleh 3 subjek penelitian, (c) jenis kesalahan transformasi dilakukan oleh semua subjek penelitian, (d) jenis kemampuan memproses dilakukan oleh semua subjek penelitian, dan (e) jenis penulisan jawaban dilakukan oleh semua subjek penelitian. (3) faktor-faktor penyebab terjadinya kesalahan sangat beragam dimana penyebab kesalahan paling banyak dilakukan siswa yaitu karena siswa kurang mampu dalam menghitung luas alas suatu bangun ruang serta kurang mampu dalam melakukan operasi hitung. Berdasarkan hasil penelitian disarankan guru mata pelajaran matematika dalam mengimplementasikan model PBL dapat mempertimbangkan beberapa hal yang berkaitan dengan perencanaan proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, dan penilaian hasil pembelajaran. Untuk memastikan bahwa siswa telah menguasai dan tuntas pada materi prasyarat seperti luas dan keliling bangun datar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas, analisis kesalahan, Newman, PBL
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 03 Jan 2018 12:58
Last Modified: 03 Jan 2018 12:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28849

Actions (login required)

View Item View Item