PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL IDEAL PROBLEM SOLVING DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII


Budi Santoso , 4101409028 (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL IDEAL PROBLEM SOLVING DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101409028.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (473kB) | Preview

Abstract

Kemampuan literasi matematis sangat diperlukan untuk memecahkan masalahmasalah kompleks di jaman yang tingkat persaingannya sangat tinggi seperti sekarang ini. Dari hasil observasi yang dilaksanakan di lapangan, diperoleh informasi bahwa model pembelajaran yang diterapkan masih berlangsung secara konvensional, sebatas melatih pemecahan masalah rutin. Oleh karena itu, diperlukan adanya penelitian pengembangan yang berorientasi untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika yang mampu meningkatkan kemampuan literasi matematis yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Adapun pengembangan perangkat yang digunakan pada penelitian ini merujuk pada model 4-D Thiagarajan yang telah dimodofikasi yang meliputi fase Define, Design, dan Develop. Model pembelajaran yang digunakan adalah model IDEAL Problem Solving dengan pendekatan Scientific. Objek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Agus Salim Semarang. Produk perangkat pembelajaran yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah Rencana Proses Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kegiatan Siswa(LKS). Setelah dilakukan proses validasi oleh validator ahli, baik RPP dan LKS memenuhi kriteria baik dan dapat digunakan dengan sedikit revisi. Hal tersebut menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran telah memenuhi kriteria valid. Berdasarkan hasil pelaksanaan dilapangan dan aktivitas siswa memenuhi kriteria baik. Hal tersebut menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis. Di samping itu, rata-rata klasikal hasil belajar siswa memenuhi KKM individual ൒ ͹ͷ, dan persentase klasikal siswa yang nilainya mencapai KKM memenuhi ketuntasan klasikal ൒ ͹ͷΨ, serta hasil belajar dan persentase ketuntasan klasikal siswa pada kelas eksperimen yang nilainya mencapai KKM pada Tes Kemampuan Literasi(TKL) lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar dan persentase ketuntasan klasikal siswa pada kelas kontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran memenuhi kriteria efektif. Simpulan dalam penelitian ini adalah proses pengembangan perangkat pembelajaran model IDEAL Problem Solving dengan pendekatan Scientific telah menghasilkan perangkat yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Selanjutnya, perangkat pembelajaran ini perlu diimplementasikan dalam skala luas sebagai alternatif perangkat pembelajaran matematika yang berorientasi untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa.Model IDEAL Problem Solving, Scientific, Kemampuan Literasi Matematis, Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Kemampuan literasi matematis sangat diperlukan untuk memecahkan masalahmasalah kompleks di jaman yang tingkat persaingannya sangat tinggi seperti sekarang ini. Dari hasil observasi yang dilaksanakan di lapangan, diperoleh informasi bahwa model pembelajaran yang diterapkan masih berlangsung secara konvensional, sebatas melatih pemecahan masalah rutin. Oleh karena itu, diperlukan adanya penelitian pengembangan yang berorientasi untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika yang mampu meningkatkan kemampuan literasi matematis yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Adapun pengembangan perangkat yang digunakan pada penelitian ini merujuk pada model 4-D Thiagarajan yang telah dimodofikasi yang meliputi fase Define, Design, dan Develop. Model pembelajaran yang digunakan adalah model IDEAL Problem Solving dengan pendekatan Scientific. Objek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Agus Salim Semarang. Produk perangkat pembelajaran yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah Rencana Proses Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kegiatan Siswa(LKS). Setelah dilakukan proses validasi oleh validator ahli, baik RPP dan LKS memenuhi kriteria baik dan dapat digunakan dengan sedikit revisi. Hal tersebut menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran telah memenuhi kriteria valid. Berdasarkan hasil pelaksanaan dilapangan dan aktivitas siswa memenuhi kriteria baik. Hal tersebut menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis. Di samping itu, rata-rata klasikal hasil belajar siswa memenuhi KKM individual ൒ ͹ͷ, dan persentase klasikal siswa yang nilainya mencapai KKM memenuhi ketuntasan klasikal ൒ ͹ͷΨ, serta hasil belajar dan persentase ketuntasan klasikal siswa pada kelas eksperimen yang nilainya mencapai KKM pada Tes Kemampuan Literasi(TKL) lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar dan persentase ketuntasan klasikal siswa pada kelas kontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran memenuhi kriteria efektif. Simpulan dalam penelitian ini adalah proses pengembangan perangkat pembelajaran model IDEAL Problem Solving dengan pendekatan Scientific telah menghasilkan perangkat yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Selanjutnya, perangkat pembelajaran ini perlu diimplementasikan dalam skala luas sebagai alternatif perangkat pembelajaran matematika yang berorientasi untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model IDEAL Problem Solving, Scientific, Kemampuan Literasi Matematis, Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 03 Jan 2018 12:43
Last Modified: 03 Jan 2018 12:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28844

Actions (login required)

View Item View Item