EFEKTIVITAS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN LKS TEMA GERAK TERHADAP HIGH ORDER THINKING SKILL SISWA SMP


Dewi Andriani , 4001412032 (2016) EFEKTIVITAS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN LKS TEMA GERAK TERHADAP HIGH ORDER THINKING SKILL SISWA SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4001412032.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (208kB) | Preview

Abstract

Skill (HOTS) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Problem Based Learning (PBL) berbantuan LKS dalam meningkatkan HOTS dan besar peningkatannya. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment dengan Nonequivalent control group design. Sampel diambil secara purposive sampling dan didapatkan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data penelitian ini didapatkan dari nilai pretest-posttest, observasi keterlaksanaan model, dan data angket tanggapan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan N-gain pretest-postest untuk kelas kontrol 0,4 (sedang), sedangkan kelas eksperimen 0,6 (sedang). Hasil analisis uji t memperlihatkan t hitung 6,43 yang berarti bahwa ada perbedaan yang signifikan. Data observasi keterlaksanaan model didapatkan melalui analisis persentase pada pertemuan pertama dan kedua 75% serta 100% pada pertemuan ketiga dan keempat, Angket tanggapan peserta didik terhadap efektivitas Problem Based Learning berbantuan LKS mendapatkan persentase rata-rata skor 83, 3% dengan kriteria sangat efektif. Dapat disimpulan bahwa Problem Based Learning (PBL) berbantuan LKS efektif meningkatkan High Order Thinking Skill siswa dengan signifikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning (PBL), LKS, High Order Thinking
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > Special Education > Education of Natural Science
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 03 Jan 2018 11:57
Last Modified: 03 Jan 2018 11:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28831

Actions (login required)

View Item View Item