ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA DENGAN PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN (MID)


Belynda Surya Febrynasari , 4101412203 (2016) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA DENGAN PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN (MID). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101412203.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (283kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian ketuntasan klasikal kemampuan komunikasi matematis dengan pembelajaran Meaningful Instructional Design dan mengetahui kemampuan komunikasi matematis berdasarkan gaya belajar yang dimiliki yaitu gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik pada materi segiempat dengan pembelajaran Meaningful Instructional Design. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian campuran dengan desain penelitian eksplanatoris sekuensial. Subjek penelitian pada tahap I (kuantitatif) adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 10 Semarang sebagai kelas penelitian yang menggunakan pembelajaran Meaningful Instructional Design, sedangkan subjek penelitian pada tahap II (kualitatif) adalah 9 siswa kelas VII B yang terdiri dari 3 siswa dengan nilai tes kemampuan komunikasi matematis tinggi, sedang, dan rendah pada masing-masing kelompok gaya belajar. Hasil penelitian menyatakan bahwa:1) kemampuan komunikasi matematis siswa dengan pembelajaran Meaningful Instructional Design mencapai ketuntasan klasikal 87,5%., 2) Subjek penelitian dengan gaya belajar visual dominan pada indikator kemampuan memahami dan menggambarkan ide-ide matematis secara visual, 3) Subjek penelitian dengan gaya belajar auditori dominan pada indikator kemampuan mengatur dan mengonsolidasikan pemikiran matematis melalui tulisan dengan bahasa matematik dan kemampuan menganalisis pemikiran matematis dan strategi lain secara tertulis, 4) Subjek penelitian dengan gaya belajar kinestetik dominan pada indikator kemampuan mengatur dan mengonsolidasikan pemikiran matematis melalui tulisan dengan bahasa matematik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis, Gaya Belajar, Meaningful Instructional Design
Subjects: L Education > Special Education > Mathematics Education
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 29 Dec 2017 16:06
Last Modified: 29 Dec 2017 16:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28784

Actions (login required)

View Item View Item