KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA KELAS VII PADA MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER MATERI SEGIEMPAT
Vernadya Ismana Putri , 4101412186 (2016) KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA KELAS VII PADA MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER MATERI SEGIEMPAT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (476kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Treffinger efektif terhadap kemampuan komunikasi dan disposisi matematis siswa serta mengetahui deskripsi kemampuan komunikasi dan disposisi matematis siswa. Metode penelitian ini adalah mixed methods dengan desain concurrent triangulation. Pada penelitian kuantitatif, populasinya adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Ungaran tahun ajaran 2015/2016, secara random sampling terpilih dua kelas yaitu kelas VII H sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Treffinger dan kelas VII G sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran ekspositori. Pada penelitian kualitatif, subjek penelitian dipilih dengan teknik purposive sampling. Subjek penelitian terdiri dari 6 siswa yaitu 2 subjek kelompok atas, 2 subjek kelompok tengah, dan 2 subjek kelompok bawah berdasarkan tes pendahuluan kemampuan komunikasi matematis pada kelas VII H. Data dalam penelitian kuantitatif diperoleh dengan menggunakan metode dokumentasi, tes, dan skala disposisi. Sedangkan dalam penelitian kualitatif dengan menggunakan metode tes, skala disposisi, wawancara, dan observasi Hasil penelitian kuantitatif yang diperoleh menunjukkan bahwa: (1) siswa yang dikenai pembelajaran Treffinger mencapai ketuntasan individual dan klasikal; (2) kemampuan komunikasi matematis pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol; (3) disposisi matematis siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol; (4) disposisi matematis berpengaruh secara positif terhadap kemampuan komunikasi matematis pada kelas eksperimen. Sedangkan untuk hasil penelitian kualitatif menunjukkan bahwa: (1) subjek pada kelompok atas mampu memenuhi 3 indikator komunikasi, subjek pada kelompok tengah mampu memenuhi 2 indikator komunikasi, dan subjek kelompok bawah belum mampu memenuhi semua indikator komunikasi; (2) subjek kelompok atas memiliki disposisi kategori baik, subjek kelompok tengah memiliki disposisi kategori sedang, subjek kelompok bawah memiliki disposisi kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti memberi saran yaitu pada klasifikasi kelompok atas dan sedang , sebaiknya guru memperbanyak latihan soal yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis khususnya dalam penggunaan bahasa matematik. Pada klasifikasi kelompok bawah, hendaknya guru memberikan bimbingan khusus dan perhatian lebih banyak dalam mengerjakan soal-soal yang berbasis komunikasi matematis.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Matematis, Disposisi Matematis, dan Treffinger |
Subjects: | L Education > Special Education > Mathematics Education Q Science > QA Mathematics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 29 Dec 2017 15:51 |
Last Modified: | 29 Dec 2017 15:51 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28781 |
Actions (login required)
View Item |