KEEFEKTIFAN IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DAN THINK PAIR SHARE BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS
Widyanita Indah Probosiwi , 4101412167 (2016) KEEFEKTIFAN IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DAN THINK PAIR SHARE BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (612kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa. Namun pada kenyataannya, menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis belum sepenuhnya dimiliki oleh siswa khususnya pada siswa kelas VII. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa masih rendah. Berdasarkan hal tersebut, peneliti mengembangkan kemampuan komunikasi matematis dengan pembelajaran Think Talk Write berbasis etnomatematika dan Think Pair Share berbasis etnomatematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan implementasi model pembelajaran Think Talk Write berbasis etnomatematika dan model pembelajaran Think Pair Share berbasis etnomatematika terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII SMP Negeri 3 Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Dengan menggunakan teknik random sampling terpilih siswa kelas VII-D sebagai kelas eksperimen 1 dengan pembelajaran Think Talk Write berbasis etnomatematika, siswa kelas VII-C sebagai kelas eksperimen 2 dengan pembelajaran Think Pair Share berbasis etnomatematika, dan siswa kelas VII-B sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran Ekspositori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil tes kemampuan komunikasi matematis dengan model Think Talk Write berbasis etnomatematika dan model Think Pair Share berbasis etnomatematika mencapai ketuntasan klasikal. (2) ratarata hasil tes kemampuan komunikasi matematis siswa dengan model pembelajaran Think Talk Write berbasis etnomatematika dan model pembelajaran Think Pair Share berbasis etnomatematika lebih dari rata-rata hasil tes kemampuan komunikasi matematis siswa dengan model Ekspositori. (3) rata-rata hasil tes kemampuan komunikasi matematis siswa dengan model pembelajaran Think Talk Write berbasis etnomatematika lebih dari rata-rata hasil tes kemampuan komunikasi matematis siswa dengan model Think Pair Share berbasis etnomatematika.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keefektifan, Model Think Talk Write, Model Think Pair Share, Etnomatematika, Kemampuan Komunikasi Matematis |
Subjects: | L Education > Special Education > Mathematics Education Q Science > QA Mathematics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 29 Dec 2017 15:02 |
Last Modified: | 29 Dec 2017 15:02 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28778 |
Actions (login required)
View Item |