KEEFEKTIFAN PENDEKATAN PMRI BERBANTUAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA
Hesti Setyaningsih , 4101412154 (2016) KEEFEKTIFAN PENDEKATAN PMRI BERBANTUAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (296kB) | Preview |
Abstract
Literasi matematika diperlukan oleh semua orang dalam menghadapi permasalahan dalam kehidupan modern, karena literasi matematika sangat erat kaitannya dengan pekerjaan dalam pekerjaan dan tugasnya dalam kehidupan seharihari. Literasi matematika adalah kemampuan individu untuk merumuskan, menerapkan, dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks. Kemampuan ini mencakup penalaran matematis dan kemampuan menggunakan konsep-konsep matematika, prosedur, fakta, dan fungsi matematika untuk menggambarkan, menjelaskan, dan memprediksi suatu fenomena. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui apakah kemampuan literasi matematika siswa yang menerima pembelajaran dengan pendekatan PMRI berbantuan alat peraga mencapai ketuntasan klasikal, (2) mengetahui rata-rata kemampuan literasi matematika siswa di kelas yang menerima pembelajaran dengan pendekatan PMRI berbantuan alat peraga lebih tinggi daripada kelas yang menerima pembelajaran dengan model ekspositori berbantuan alat peraga, (3) mengetahui apakah penerapan pendekatan PMRI berbantuan alat peraga meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa, (4) mengetahui bagaimana kemampuan literasi matematika siswa dengan menggunakan pembelajaran pendekatan PMRI berbantuan alat peraga. Penelitian ini merupakan penelitian mixed methods dengan desain penelitian concurrent embedded dengan 70% kuantitatif dan 30% kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP Negeri 1 Simo Boyolali dengan sampel kelas VIIIB dan kelas VIIIC. Dipilih 6 siswa sebagai subjek penelitian. Data diambil dengan metode observasi, wawancara, dan tes. Data dianalisis dengan uji kproporsi, uji beda rata-rata satu pihak (pihak kanan), uji peningkatan (uji gain ternormalisasi), dan kualitatif deskriptif. Hasil peneltian diperoleh (1) kelas eksperimen mencapai ketuntasan belajar klasikal 75%, (2) kemampuan literasi matematika siswa kelas eksperimen lebih dari kemampuan literasi matematika siswa kelas kontrol, (3) penerapan pembelajaran dengan pendekatan PMRI berbantuan alat peraga pada materi bangun ruang sisi datar dapat meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa, (4) siswa dari kelompok atas sudah memenuhi semua komponen kemampuan proses literasi matematika, sedangkan kelompok tengah dan bawah baru memenuhi sebagian komponen kemampuan proses literasi matematika.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PMRI, Alat Peraga, Literasi Matematika |
Subjects: | L Education > Special Education > Mathematics Education Q Science > QA Mathematics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 29 Dec 2017 14:58 |
Last Modified: | 29 Dec 2017 14:58 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28777 |
Actions (login required)
View Item |