PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL MATH VIDEO EDUCATION (MVE) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BAGI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN


Berta Lestari , 4101412141 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL MATH VIDEO EDUCATION (MVE) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BAGI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101412141.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (457kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya karakteristik khusus yang dimiliki siswa tunagrahita, sehingga diperlukan media pendukung dalam pembelajaran. Salah satu media yang diharapkan dapat mendukung siswa dalam pembelajaran adalah media audio visual “Math Video Education” (MVE). Media MVE merupakan materi yang dikemas dalam bentuk video yang berisi musik dan animasi agar mudah diingat tanpa mengurangi esensi dari materi tersebut. Media MVE diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa karena media yang disajikan dalam bentuk video bermuatan materi dapat lebih menarik perhatian siswa, mudah dipahami, dan disimpan dalam memori jangka panjang. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kevalidan, keefektifan, efisiensi, dan kepraktisan media audio visual “Math Video Education” (MVE) dalam pembelajaran Matematika di SMPLB-C (Tunagrahita Ringan). Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Negeri Semarang dan SLB N Temanggung. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan desain penelitian One Group Pretest Posttest. Sampel penelitian berjumlah 5 orang siswa. Data penelitian diperoleh dari observasi lapangan, wawancara, angket, dan tes. Penelitian ini dilakukan selama 1 kali observasi dan 5 kali pertemuan untuk uji coba. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media audio visual MVE telah berhasil dikembangkan dan dinyatakan valid oleh ahli media dan ahli materi dengan rata-rata persentase penilaian kevalidan sebesar 86,6%, rata-rata ketuntasan klasikal sebesar 100% dimana empat siswa mengalami peningkatan hasil belajar dengan kriteria sedang dan seorang siswa dengan kriteria rendah, tanggapan siswa terhadap media MVE baik dan sangat baik, persentase tanggapan guru terhadap media MVE sebesar 90% dengan kriteria tanggapan sangat baik. Simpulan penelitian ini adalah media MVE layak diterapkan pada pembelajaran Matematika di SLB (Tunagrahita Ringan). Adapun saran penelitian ini adalah lebih baik apabila dalam penyampaian media MVE guru ikut mendampingi serta memberi penjelasan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Math Video Education, media audio visual, tunagrahita ringan
Subjects: L Education > Special Education > Mathematics Education
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 28 Dec 2017 18:56
Last Modified: 28 Dec 2017 18:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28751

Actions (login required)

View Item View Item