HUBUNGAN ANTARA PERCAYA DIRI DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI DI DESA NGEMPLAK SIMONGAN KOTA SEMARANG


Yunita Dewi Setiani , 1401412357 (2016) HUBUNGAN ANTARA PERCAYA DIRI DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI DI DESA NGEMPLAK SIMONGAN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412357.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (437kB) | Preview

Abstract

Mata PelajaranPendidikanKewarganegaraanmerupakanmatapelajaran yang bertujuan untuk membantu dan melatih anak didik, agar mampu memiliki kemampuan untuk mengenal dan menganalisis suatu persoalan dari berbagai sudut pandang secara komprehensif. Data awal yang di dapatkan peneliti mununjukkan pada kelas V semester 1 banyak siswa yang nilainya masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 61 dan 63. Data hasil belajar dari 83 siswa, hanya 57 siswa yang mendapat nilai diatas KKM dan sisanya 26 siswa nilainya dibawah KKM. Rendahnya hasil belajar IPS disebabkan oleh beberapa faktor internal salah satunya rasa percaya diri siswa.Rumusan masalah penelitian: apakahadahubunganantara percaya diri dengan hasil belajar mata pelajaran IPS pada siswa kelas V SD Negeri di Desa Ngemplak Simongan Kota Semarang? Tujuan Penelitianyaitu untuk menguji hubungan antara percaya diri dengan hasil belajar mata pelajaran IPS pada siswa kelas V SD Negeri di Desa Ngemplak Simongan Kota Semarang. Penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan tahapan persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap penyusunan laporan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara percaya diri dengan hasil belajar mata pelajaran IPS.Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan jumlah sampel 83 siswa. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik studi populasi.Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN di Desa Ngemplak.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) percaya diri siswa kelas V SD Negeri di Desa Ngemplak Simongan dalam kategori sangat baik 68,7%; (2) hasil belajar mata pelajaran IPS siswa dalam kategori baik 65%; (3) Hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya hubungan antara percaya diri dengan hasil belajar mata pelajaran IPS sebesar 55,3% dengan nilai rhitung sebesar 0,744 > nilai rtabel 0,220. Simpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan yang positif antara antara percaya diri dengan hasil belajar mata pelajaran IPS pada siswa kelas V SD Negeri di Desa Ngemplak Simongan Kota Semarang

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, IPS, Percaya Diri
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 10 May 2019 13:12
Last Modified: 10 May 2019 13:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28487

Actions (login required)

View Item View Item