RANCANGAN E-LEARNING MENGGUNAKAN METODE USER EXPERIENCE DI JURUSAN KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
Fuad Mahfudz , 1102412039 (2016) RANCANGAN E-LEARNING MENGGUNAKAN METODE USER EXPERIENCE DI JURUSAN KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (356kB) | Preview |
Abstract
Pelaksanaan E-Learning di Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan (KTP Unnes) belum maksimal. Asumsi yang muncul adalah faktor mental pengguna yang memang tidak ingin menggunakan atau sistem E-Learning yang memang sulit untuk digunakan, sehingga mengakibatkan E-Learning tidak menyenangkan dan tidak memiliki daya tarik untuk tetap menggunakan. Dari permasalahan itu maka peneliti melakukan penelitian ini. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kondisi E-Learning yang telah digunakan oleh dosen dan merumuskan rancangan E-Learning menggunakan metode user experience di KTP Unnes. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif model induksi Dengan melihat pengalaman dari dosen dan mahasiswa dalam menggunakan E-Learning telah berhasil merumuskan permasalahan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa jurursan mengkaji keilmuan tentang teknologi pendidikan belum mampu melaksananan pembelejaran berbasis E-Learning. Untuk sistem pembalajaran yang sesuai untuk dilaksanakan adalah metode pembelajaran konvensional berbantu E-Learning atau Pembelajaran blended learning, untuk pembelajaran sepenuhnya E-Learning akan sulit untuk diimplementasikan. Konsep rancangan yang dilihat dari unsur user experience terdapat beberapa E-learning yang peneliti rekomendasikan. Pertama penggunaan facebook untuk pembelajaran. kedua penggunaan layanan E-Learning seperti edmodo. Ketiga mengembangkan E-Learning secara mandiri dengan pertimbangan yang yang telah peneliti gambarkan pada prototype yang telah dibuat. Dari penelitian ini menunjukkan bahwa jurursan KTP Unnes harus lebih memperhatikan penggunaan E-Learning. Melihat tantangan dan tuntutan perkembangan IPTEK yang semakin cepat, khususnya internet. Saran dari peneliti adalah secara kelembagaan jurusan untuk dapat membuat kebijakan mengenai pelaksanaan E-Learning dan membentuk tim khusus untuk mempersiapkan realisasi kebijakan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-learning, Perguruan Tinggi, Teknologi Pendidikan, Rancangan, User Experience |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Akhmad Abdul Hakim |
Date Deposited: | 13 Dec 2017 14:52 |
Last Modified: | 13 Dec 2017 14:52 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28406 |
Actions (login required)
View Item |