EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TUTORIAL BERBANTUAN KUIS INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA


Zulfa Wafda , 4401411007 (2015) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TUTORIAL BERBANTUAN KUIS INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TUTORIAL BERBANTUAN KUIS INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TUTORIAL BERBANTUAN KUIS INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA) - Published Version
Download (560kB) | Preview

Abstract

Hasil observasi dan wawancara pada pembelajaran Biologi di SMA Negeri 1 Pamotan diperoleh informasi bahwa model pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi. Fasilitas multimedia yang cukup lengkap diantaranya 2 laboratorium komputer yang belum dimanfaatkan secara maksimal sebagai sumber belajar siswa. Siswa yang belum memenuhi KKM dengan nilai 75 sebesar 30,56% pada materi sistem gerak manusia Tahun Ajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran tutorial berbantuan kuis interaktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem gerak manusia di SMA Negeri 1 Pamotan. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pamotan pada Semester Ganjil Tahun Ajaran 2015/2016. Sampel penelitian adalah siswa SMA Negeri 1 Pamotan kelas XI IPA-1 dan XI IPA-3 yang diambil dengan teknik purposive sampling, rancangan penelitian quasy experiment design dengan pola pre-test and post-test group design. Kelas eksperimen diberi pembelajaran menggunakan model pembelajaran tutorial berbantuan kuis interaktif pada materi sistem gerak manusia. Hasil perhitungan N-gain pada kelas XI IPA-1 dan kelas XI IPA-3, menunjukkan > 85 siswa mencapai N-gain > 0,3 dengan kriteia sedang sampai tinggi, dan > 85% siswa hasil belajarnya mencapai nilai >80. Hasil analisis korelasi diketahui bahwa pada kelas XI IPA-1 dan kelas XI IPA-3 rhitung > rtabel, maka terdapat hubungan antara N-gain dan nilai posttest siswa dengan kriteria hubungan sangat kuat. Hasil analisis aspek afektif dan psikomotorik siswa kelas XI IPA-1 dan kelas XI IPA-3 termasuk dalam kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran tutorial berbantuan kuis interaktif efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem gerak manusia di SMA Negeri 1 Pamotan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Efektivitas, Hasil Belajar Siswa, Kuis Interaktif, Model Tutorial, Sistem Gerak Manusia.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
O Sport > Physical fitness
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: handoyo eko perpus
Date Deposited: 06 Dec 2017 13:23
Last Modified: 06 Dec 2017 13:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28160

Actions (login required)

View Item View Item