IDENTIFIKASI POTENSI BAHAYA PEKERJAAN DI KETINGGIAN PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG PARKIR RUMAH SAKIT TELOGOREJO (STUDI DESKRIPTIF PADA PROYEK KONSTRUKSI OLEH PT. ADHI KARYA SEMARANG)


Isna Shofiana, 6411411219 (2015) IDENTIFIKASI POTENSI BAHAYA PEKERJAAN DI KETINGGIAN PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG PARKIR RUMAH SAKIT TELOGOREJO (STUDI DESKRIPTIF PADA PROYEK KONSTRUKSI OLEH PT. ADHI KARYA SEMARANG). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6411411219.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Setiap pekerjaan konstruksi bangunan harus diusahakan pencegahan atau di kurangi terjadinya kecelakaan atau sakit akibat kerja terhadap tenaga kerjanya. Mengingat hazard terdapat hampir diseluruh tempat kerja, maka upaya untuk mencegah dan mengurangi risiko yang mungkin timbul akibat proses pekerjaan perlu segera dilakukan. Sebagai upaya pengendalian risiko kecelakaan kerja, perlu diidentifikasi sumber bahaya yang ada di tempat kerja dan dievaluasi tingkat risikonya serta dilakukan pengendalian yang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi bahaya pekerjaan di ketinggian pada proyek pembangunan gedung parkir RS. Telogorejo oleh PT. Adhi Karya Semarang. Jenis penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dengan cara mengidentifikasi bahaya dan mempelajari kondisi pekerjaan di ketinggian proyek pembangunan gedung parkir RS. Telogorejo menunjukan bahwa potensi bahaya yang terdapat pada proses pekerjaan di ketinggian yaitu: terjatuh dari ketinggian, kejatuhan benda, jatuh ke tingkat yang sama, terbentur, keseleo, terpeleset, tergelincir, tertabrak, tersambar benda yang berjalan. Saran yang direkomendasikan peneliti adalah sebaiknya dalam pembangunan proyek menerapkan JSA dan mendisiplinkan pemakaian APD bagi pekerja.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: APD, JSA, Potensi Bahaya
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 30 Nov 2017 12:56
Last Modified: 30 Nov 2017 14:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27969

Actions (login required)

View Item View Item