PERAN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) DALAM MENINGKATKAN KOPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN SMA DI KABUPATEN PEKALONGAN
Widi Mulatsih , 3301411007 (2016) PERAN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) DALAM MENINGKATKAN KOPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN SMA DI KABUPATEN PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (522kB) | Preview |
Abstract
Kompetensi pedagogik adalah kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik yang meliputi pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Melalui organisasi profesi guru dalam tingkat kabupaten yaitu MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) diharapkan akan meningkatkan profesionalisme guru terutama dalam kompetensi pedagogik guru dalam melaksanakan pembelajaran yang bermutu sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Pokok permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah: (1) peran MGMP dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru PPKn di Kabupaten Pekalongan, (2) kendala apa yang muncul dalam peran MGMP untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru PPKn SMA di Kabupaten Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui peran MGMP dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru PPKn SMA di Kabupaten Pekalongan, (2) untuk mengetahui kendala apa yang muncul dalam peran MGMP untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru PPKn SMA di Kabupaten Pekalongan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan observasi langsung, wawancara, dan kajian dokumen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini mencakup kegiatan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran MGMP dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru PPKn SMA di Kabupaten Pekalongan antara lain: (1) membahas dan mengembangkan materi pembelajaran PPKn SMA, (2) diskusi secarab berkala tentang masalah-masalah yang terus berkembang yang berkaitan dengan pembelajaran PPKn SMA, (3) mengadakan dialog dengan pihak luar/guru ahli/pakar pendidikan bidang PPKn, serta mengadakan studi tour sebagai pengembangan wawasan guru, dan (4) melakukan pelatihan penggunaan ICT (Information, Communication, and Technology) sebagai modal dalam pembelajaran; memiliki peran yang sangat penting, jika seluruh guru anggota MGMP dapat berperan-serta sesuai dengan tujuan MGMP. Sehingga misi MGMP dalam meningkatkan kemampuan pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai kompetensinya dapat tercapai. Kendala yang dihadapi MGMP dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru, meliputi hal: (1) jadwal pertemuan kurang, (2) sebagian anggota tidak melaksanakan kegiatan sesuai dengan program jadwal pelaksanaan kegiatan, (3) ketidaksiapan pengurus terhadap permasalahan internal akan persoalan yang harus dipecahkan, (4) belum adanya kontrol dan evaluasi. Saran penelitian: (1) frekuensi pertemuan dilaksanakan sesuai dengan program kerja yang sudah direncanakan, sehingga program kegiatan yang sudah disusun dapat dijalankan dengan tepat dan kebutuhan guru terutama dalam kompetensi dapat terealisasi, (2) kontrol dan evaluasi yang dijadikan sebagai alat ukur tercapainya peningkatan kompetensi pedagogik guru melalui peran yang dilakukan MGMP PPKn SMA Kabupaten Pekalongan dapat dilaksanakan oleh beberapa pihak terkait yang memiliki wewenang. Dilaksanakannya kontrol dan evaluasi dapat merangsang guru untuk berperan-serta dalam setiap program kegiatan, supaya dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), pedagogik guru. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1 |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 13 Nov 2017 17:25 |
Last Modified: | 13 Nov 2017 17:25 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27457 |
Actions (login required)
View Item |