PRAKTIK PENILAIANPEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM KURIKULUM 2013 PADA KELAS X DI SMA NEGERI 1 DEMAK


Raras Luthfia Risantika , 3301410050 (2016) PRAKTIK PENILAIANPEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM KURIKULUM 2013 PADA KELAS X DI SMA NEGERI 1 DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3301410050.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (406kB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 yang berbasis kompetensi sekaligus berbasis karakter dengan pendekatan saintifikk diharapkan peserta didik mampu secara mandiri meningkatkan dan menggunakan pengetahuannya mengkaji dan menginternalisasi serta mempersonalisasi nilai–nilai karakter dan akhlak mulia sehingga terwujud dalam perilaku sehari–hari. Kurikulum 2013 menerapkan 3 penilaian yaitu penilaian sikap, penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan. SMA Negeri 1 Demak telah melaksanakan Kurikulum 2013 sejak munculnya Kurikulum 2013 dan masih adanya kesulitan dalam praktik penilaian pembelajaran menarik peneliti untuk melaksanakan penelitian mengenai praktik penilaian pembelajaran khususnya pada mata pelajaran PPKn dalam Kurikulum 2013 pada kelas X di SMA Negeri 1 Demak. Tujuan penelitian ini: (1) mengetahui praktik penilaian guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Kurikulum 2013 pada kelas X di SMA Negeri 1 Demak; (2) mengetahui kesulitan-kesulitan yang dialami dan upaya yang dilakukanoleh guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam praktik penilaian pembelajaran dalam Kurikulum 2013 pada kelas X di SMA Negeri 1 Demak. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Demak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara, dan observasi. Untuk menguji objektivitas dan keabsahan data dalam penelitian inimengunakan teknik triangulasi. Teknik analisis interaktif dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1)penilaian pembelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Demak sudah berjalan dengan baik, namun masih belum maksimal dalam pelaksanaan penilaian pada aspek sikap.; (2)kesulitan penilaian pembelajaran adalah pada aspek sikap yang belum terlaksana dengan maksimal . Aspek penilaian sikap dirasa guru paling sulit dalam pelaksanaannya; (3)upaya untuk mengatasi kesulitan dalam pelaksanaan penilaian dalam Kurikulum 2013 adalah sharing antar guru serta sekolah memberikan pelatihan tentang pelaksanaan penilaian dalam Kurikulum 2013 kepada guru. Saran dalam penelitian ini yaitu:dalam pelakasanaan penilaian harus dilaksanakan sesuai dengan perencanaan yang telah disusun dalam RPP serta untuk pelaporan hasi penilaian dapat disesuaikan dengan pelaksanaan penilaian. Guru perlu lebih maksimal lagi dalam praktik penilaian dalam Kurikulum 2013 terutama untuk aspek penilaian sikap yang belum terlaksana secara makasimal karena adanya kesulitan yang dialami oleh guru, agar pelaksanaan penilaian dapat terlaksana sesuai berdasarkan kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penilaian pembelajaran, PPKn, Kurikulum 2013.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 13 Nov 2017 13:41
Last Modified: 13 Nov 2017 13:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27437

Actions (login required)

View Item View Item