REDESAIN MUSEUM PURBAKALA PATIAYAM KUDUS Dengan Pendekatan Arsitektur Regionalism Landasan Program Perencanaan Dan Perancangan Arsitektur


Muhammad Sulthon , 5112411009 (2016) REDESAIN MUSEUM PURBAKALA PATIAYAM KUDUS Dengan Pendekatan Arsitektur Regionalism Landasan Program Perencanaan Dan Perancangan Arsitektur. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5112411009.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (11MB) | Preview

Abstract

Museum merupakan suatu lembaga yang diperuntukkan untuk masyarakat umum yang berfungsi mengumpulkan, merawat, dan menyajikan serta melestarikan warisan budaya masyarakat untuk tujuan penelitian, edukasi, rekreasi, dan pameran. Arsitektur Regionalisme. Arsitektur yang menganjurkan penampilan bangunan yang merupakan hasil senyawa dari Internasionalisme dengan pola budaya dan teknologi modern, tata nilai dan nuansa tradisi yang masih dianut oleh masyarakat setempat. Purbakala selalu berhubungan dengan benda peninggalan sejarah di masa lampau yang masih berkaitan dengan makhluk hidup. Situs purbakala adalah lokasi tempat ditemukannya peninggalan purbakala sebagai bukti adanya aktivitas manusia pada masa lampau. Situs Purbakala Patiayam adalah situs purba di Pegunungan Patiayam, Dukuh Kancilan, Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus. Sekitar 4.000 fosil ditemukan di Patiayam. Sebagian gading gajah ditempatkan di Museum Ronggowarsito Semarang. Akan tetapi ironisnya hampir keseluruhan fosil yang berjumlah sekitar 4.000 tersebut disimpan dalam bangunan yang saat ini bernama Museum Purbakala Patiayam dengan luas keseluruhan bangunan 64 m2 . Dengan jumlah fosil yang sekian banyak tidak akan tersimpan dengan baik karena tidak cukup ruang. Jika ini terus berlanjut, bukan hal yang tidak mungkin jika fosil yang merupakan warisan budaya tersebut akan punah. Untuk itu diperlukan yang namanya Redesain Museum Purbakala Patiayam Kudus untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Dengan konsep Regionalisme diharapkan bangunan Museum Purbakala Patiayam dapat menampung segala kegiatan penelitian, edukasi, rekreasi dan pameran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Museum, Situs Purbakala, Patiayam, Regionalisme
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 09 Nov 2017 19:51
Last Modified: 09 Nov 2017 19:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27377

Actions (login required)

View Item View Item