ANALISIS MODEL ANTRIAN PESAWAT TERBANG DI BANDARA INTERNASIONAL AHMAD YANI SEMARANG JAWA TENGAH


Arya Kharisma Hendra , 4111411039 (2016) ANALISIS MODEL ANTRIAN PESAWAT TERBANG DI BANDARA INTERNASIONAL AHMAD YANI SEMARANG JAWA TENGAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4111411039.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu kejadian dalam kehidupan sehari-hari yang sering terjadi adalah kejadian menunggu.Kejadian menunggu merupakan hal yang mendasari adanya suatu antrian pada suatu pelayanan. Kejadian mengantri dapat dialami oleh orang-orang, barang-barang, maupun mesin-mesin dan komponen-komponen lain. Antrian dapat ditemui pada beberapa fasilitas pelayanan umum misalnya di sebuah Bandara. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana model sistem antrian yang saat ini diterapkan di Bandara Ahmad Yani Semarang, mengetahui ukuran keefektifan proses pelayanan pesawat terbang, dan mengetahui banyaknya tempat parkir pesawat di area parkir Bandara yang ideal. Metode penelitian yang digunakan meliputi beberapa tahap, yaitu studi pustaka, pengumpulan data, analisis data, dan penarikan kesimpulan.Data yang digunakan yaitu data primer.Pengambilan data dilaksanakan pada hari Jum'at dan Senin tanggal 14 & 17 Agustus 2015 mulai pukul 06.00 WIB - 20.00 WIB.Data yang diambil meliputi waktu kedatangan pesawat terbang, waktu pesawat terbang mulai dilayani, serta waktu pesawat terbang selesai dilayani. Data yang diperoleh kemudian dianalisis melalui beberapa langkah yaitu: (1) menentukan distribusi probabilitas dari data yang diperoleh dengan uji kebaikan suai – chi square, (2) menentukan model antrian, (3) menentukan ukuran keefektifan, dan (4) menentukan banyaknya tempat parkir yang ideal. Dari hasil analisis diperoleh bahwa sistem antrian pada Bandara Ahmad Yani Semarang mengikuti model sistem antrian seri majemuk dengan 2 stasiun, stasiun pertama adalah [M/G/1]:[GD/K/∞] pada Area Tempat Parkir stasiun pertama, dan [M/G/1]:[GD/∞/∞] pada Landasan Pacu stasiun kedua. Ini berarti sistem antrian mengikuti pola kedatangan yang berdistribusi Poisson sedangkan waktu pelayanan tidak berdistribusi eksponensial. Hasil efektifitas proses pelayanan pesawat terbang untuk sistem antrian seri majemuk 2 stasiun di Bandara Ahmad Yani Semarang , yaitu sebagai berikut pada tanggal 14 Agustus 2015 pukul 06:00 WIB – 20:00 WIB diperoleh hasil

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Antrian, Bandara, Optimalisasi.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 29 Sep 2017 16:16
Last Modified: 29 Sep 2017 16:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26600

Actions (login required)

View Item View Item