ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN PROPORSIONAL SISWA KELAS X DALAM PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DITINJAU DARI GAYA BELAJAR MENURUT KOLB


Ana Risdianti , 4101412200 (2016) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN PROPORSIONAL SISWA KELAS X DALAM PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DITINJAU DARI GAYA BELAJAR MENURUT KOLB. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101412200.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu dari tahapan penalaran formal yang penting adalah penalaran proporsional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penalaran proporsional siswa kelas X dalam pembelajaran discovery learning ditinjau dari gaya belajar menurut Kolb. Metode dalam penelitian ini adalah metode kombinasi model concurrent embedded. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 12 Semarang kemudian diambil sampel penelitian kelas X-6. Teknik pengumpulan data dengan pengisian angket gaya belajar, tes kemampuan penalaran proporsional, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data kuantitatif meliputi uji normalitas, uji hipotesis 1, 2, dan 3,sedangkan teknik analisis data kualitatif meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan membuat kesimpulan. Berdasarkan hasil tes penalaran proporsional diambil 3 siswa pada setiap gaya belajar dengan kategori tinggi, sedang dan rendah. Data diambil melalui observasi, tes serta wawancara dan dianalisis. Hasil penelitian ini adalah 1) setelah dilakukan uji Independent-Sample T-test menggunakan software PASW rata-rata kemampuan penalaran proporsional siswa kelas X dalam pembelajaran discovery learning lebih dari 74; 2) dengan uji proporsi satu pihak (kanan) kemampuan penalaran proporsional siswa kelas X dalam pembelajaran discovery learning mencapai ketuntasan klasikal; 3) serta dengan uji gain diperoleh hasil bahwa terdapat peningkatan kemampuan penalaran proporsional siswa kelas X dalam pembelajaran discovery learning sebesar 0,482 (kategori sedang); 4) siswa dengan gaya belajar converger kategori tinggi, sedang, dan rendah berturut-turut berada pada penalaran proporsional level 5 (penalaran multiplikatif), level 1 (penalaran kualitatif), dan level 1 (penalaran kualitatif); 5) siswa dengan gaya belajar accomodator kategori tinggi, sedang, dan rendah berturut-turut berada pada penalaran proporsional level 1 (penalaran kualitatif), level 1 (penalaran kualitatif), dan level 1 (penalaran kualitatif); 6) siswa dengan gaya belajar diverger kategori tinggi, sedang, dan rendah berturut-turut berada pada penalaran proporsional level 5 (penalaran multiplikatif), level 3 (penalaran pramultiplikatif), dan level 1 (penalaran kualitatif); 7) siswa dengan gaya belajar assimilator kategori tinggi, sedang, dan rendah berturut-turut berada pada penalaran proporsional level 1 (penalaran kualitatif), level 1 (penalaran kualitatif), dan level 1 (penalaran kualitatif).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penalaran Proporsional, Pembelajaran Discovery Learning, Gaya Belajar Menurut Kolb.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 29 Sep 2017 12:52
Last Modified: 29 Sep 2017 12:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26589

Actions (login required)

View Item View Item