KEEFEKTIFAN MODEL LAPS-HEURISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS VII PADA PEMBELAJARAN GEOMETRI


Ratna Kartika Sari , 4101412198 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL LAPS-HEURISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS VII PADA PEMBELAJARAN GEOMETRI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101412198.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model LAPS-Heuristik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan tanggung jawab siswa kelas VII pada pembelajaran geometri. Desain penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design bertipe one shot case study. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pamotan tahun pelajaran 2015/2016. Sampel penelitian diambil dengan teknik cluster random sampling yang diperoleh kelas E sebagai kelas uji coba dan kelas VII D sebagai kelas eksperimen. Kelas uji coba digunakan untuk uji coba model pembelajaran sampai hasil belajar siswa tuntas dan kelas eksperimen diberikan model pembelajaran yang telah diuji cobakan pada kelas uji coba sampai efektif. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, tes, dan observasi. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji rata-rata dan uji proporsi. Hasil penelitian adalah penerapan model pembelajaran pada kelas uji coba dapat mencapai ketuntasan belajar sesudah tiga kali uji coba. Pada kelas eksperimen diperoleh hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pembelajaran geometri secara individual dapat mencapai KKM minimal 72 dan KKM klasikal yaitu 87,5%, dan banyaknya siswa yang memperoleh skor tanggung jawab dengan kategori minimal cukup baik adalah yaitu 94,1%. Jadi dapat disimpulkan bahwa LAPS-Heuristik efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan tanggung jawab siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pamotan pada pembelajaran geometri.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model LAPS-Heuristik, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Tanggung Jawab
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 29 Sep 2017 12:39
Last Modified: 29 Sep 2017 12:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26588

Actions (login required)

View Item View Item