EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SMP DI KABUPATEN DEMAK TAHUN 2015
WAHYU AJI PRAKOSA, 0602513084 (2015) EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SMP DI KABUPATEN DEMAK TAHUN 2015. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (197kB) | Preview |
Abstract
Penelitian evaluasi implementasi kurikulum 2013 dilakukan untuk mengungkap penerapan kurikulum 2013 sesuai standar standar isi, standar proses, dan standar penilaian. Penelitian ini mengungkap bagaimana implementasi kurikulum 2013 di tingkat SMP di Kabupaten Demak dan bagaimana persepsi pelaksanaan kurikulum 2013 pada mata pelajaran penjasorkes ditingkat SMP di Kabupaten Demak. Penelitian ini dilaksanakan di SMP di Kabupaten Demak. Populasi dalam penelitian ini 83 SMP dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 18 SMP. Penelitian menggunakan metode evaluatif responsif yang bertujuan untuk mencari respon/ tanggapan guru tentang implementasi kurikulum 2013. Teknik pengumpulan data yang digunakan adala kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan. 1) Bahwa di dalam standar isi evaluasi implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran Penjasorkes sudah sangat sesuai dengan ketentuan dalam kurikulum 2013 terbukti rata-rata jawaban 83,5%. Kendala yang dihadapi guru penjasorkes berkaitan dengan standar isi adalah pembuatan RPP, daftar nilai, analisis nilai, media pembelajaran, serta alokasi waktu dan jadwal pembelajaran. 2) Bahwa di dalam standar proses evaluasi implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran Penjasorkes sudah sangat sesuai dengan ketentuan dalam kurikulum 2013 terbukti rata-rata jawaban kuesioner 82,2%. Kendala yang dihadapi guru penjasorkes berkaitan dengan standar proses adalah pada metode dan pendekatan saintifik. 3) Bahwa di dalam standar penilaian evaluasi implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran Penjasorkes sudah sesuai dengan ketentuan dalam kurikulum 2013 terbukti rata-rata jawaban kuisioner 78,8%. Kendala yang dihadapi guru penjasorkes berkaitan dengan standar penilaian adalah pada penilaian diri, penilaian antar teman, penilaian proyek dan portofolio. Simpulan dalam penelitian ini adalah evaluasi implementasi kurikulum 2013 yang mencangkup standar isi, standar proses sudah sangat sesuai sedangkan standar penilaian sudah sesuai dengan ketentuan dalam kurikulum 2013. Dalam implementasinya guru penjasorkes masih menemui beberapa kendala yang perlu diadakan perbaikan untuk implementasi kurikulum 2013 lebih lanjut supaya implementasi kurikulum 2013 benar-benar sesuai dengan tujuan.Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan bagi pemerintah untuk melanjutkan kurikulum 2013 namun harus dipersiapkan lebih baik, terutama menambah kualitas SDM, melengkapi sarana dan prasarana serta penyempurnaan proses penilaian.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga S2 |
Depositing User: | A.Md Angga Rizky Purwandra |
Date Deposited: | 18 Jul 2017 15:30 |
Last Modified: | 18 Jul 2017 15:30 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26480 |
Actions (login required)
View Item |