PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS TEKS EKSPOSISI BERMUATAN NILAI-NILAI SOSIAL UNTUK SISWA SMP
Pajar Purnomo, 2002512056 (2015) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS TEKS EKSPOSISI BERMUATAN NILAI-NILAI SOSIAL UNTUK SISWA SMP. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (760kB) | Preview |
Abstract
Kemampuanmenulis teks eksposisi siswaSMP masih rendah. Rendahnya kemampuan siswa dalam menulis teks eksposisi ditunjukan dengan perolehan nilai siswa yang sebagian besar masih berada dibawah KKM. Faktor yang menyebabkan rendahnya kemampuan menulis teks eksposisi siswa dikarenakan minimnya ketersediaan bahan ajar.Hasil angket yang dibagikan kepada siswa menunjukan minimnya bahan ajar menyebabkan (1) kurangnya pemahaman siswa mengenai konsep teks eksposisi, (2) rendahnya minat siswa untuk berlatih menulis teks eksposisi, dan (3) siswa kesulitan dalam menyampaikan gagasanya dalam bentuk teks eksposisi. Bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran menulis teks eksposisi jumlahnya sangat terbatas. Buku teks pelajaran bahasa Indonesia yang tersedia untuk pembelajaran menulis teks eksposisi berjudul “Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan” terbitan Kemdikbud. Buku tersebut memiliki kekurangan dari 4 aspek utama yaitu aspek kelayakan isi, bahasa, penyajian, dan grafika. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah kebutuhan pengembangan buku pengayaan menulis teks eksposisi bermuatan nilai-nilai sosialmenurut persepsi siswa dan guru, (2) bagaimanakah prinsipprinsip pengembangan buku pengayaan menulis teks eksposisi, (3) bagaimanakah desain buku pengayaan menulis teks eksposisi, (4) bagaimanakah hasil ujivalidasi dan perbaikan prototipe buku pengayaan menulis teks eksposisi, (5) bagaimanakah keefektifan buku pengayaan menulis teks eksposisi? Berkaitan dengan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis kebutuhan pengembangan buku pengayaan menulis teks eksposisi bermuatan nilai-nilai sosialsesuai persepsi siswa dan guru, (2) menyusunprinsip-prinsip pengembangan buku pengayaan menulis tekseksposisi, (3) mendeskripsikan desain buku pengayaan menulis teks eksposisi, (4) menjelaskan hasil ujivalidasi dan perbaikan buku pengayaan menulis tekseksposisi, dan (5) menjelaskan keefektifan buku pengayaan menulis teks eksposisi. Penelitian ini menggunakan desainresearch and development (R&D) yang dikemukakan oleh Borg and Gall dalam buku Sugiyono kemudian disesuaikan dengan kebutuhan penelitian yangmeliputi tujuh tahapan, yaitu (1) survei pendahuluan, (2) penyusunan prinsip-prinsip penulisan buku pengayaan,(3) pengumpulan data, (4) penyusunan draf buku, (5)validasi produk, (6) revisi atau v perbaikan produk, dan (7) uji coba terbatas. Sumber data penelitian ini adalah siswa, guru, dan dosen. Pengumpulan datadilakukan dengan menggunakanteknik angket dan wawancara untuk memperoleh data kebutuhan buku pengayaan yang dibutuhkan siswa maupun guru SMP. Hasil analisis kebutuhan terhadap buku pengayaan, yaitu (1) kebutuhan materi buku pengayaan menulis teks eksposisi memiliki penyajian materi yang menarik dan lengkap, (2) kebutuhan penyajianbuku pengayaan mencakup gambar/ilustrasi berwarna, terdapat materi tambahan nilai-nilai sosial, dan memiliki rangkuman serta simpulan, (3)kebutuhan bahasa dan keterbacaan mencakup menggunakan bahasa Indonesia yang baku dan komunikatif, dan (4) kebutuhan aspek grafika mencakup judul buku, buku berukuran A5 dengan tebal antara80 s.d.100 halaman, dan sampul buku berwarna menarik dan bergambar. Prinsip-prinsip pengembangan buku pengayaan menulis teks eksposis meliputi prinsip penyusunan dan penggunaan. Prinsip penyusunan meliputi prinsip keterpaduan, relevansi, kebaruan, konsistensi, dan kecukupan. Prinsip penggunaan meliputi prinsip ekonomis dan kemudahan.Desain buku pengayaan disusun berdasarkan persepsi siswa dan guru yang disesuaikan dengan prinsipprinsip penyusunan buku pengayaan menulis teks eksposisi bermuatan nilai-nilai sosial. Desain buku pengayaan meliputi bagian sampul buku, bentuk buku, petunjuk penggunaan buku pengayaan, materi atau isi, bahasa dan keterbacaan, dan grafika buku pengayaan.Penilaian yang didapatkan daridosen ahli rata-rata dalam kategori baik. Perbaikan dilakukan sesuai dengan saran dosen ahli. Hasil uji coba terbatas menunjukan peningkatan kemampuan menulis teks eksposisi siswa setelah menggunakan buku pengayaan. Dari hasil uji keefektifan dengan uji t diperoleh nilai t hitung sebesar 16,370 dan t tabel sebesar 2,1032. Karena t hitung >ttabel (16,370>2,1032) maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil tes sebelum dan sesudah menggunakan buku pengayaan. Buku pengayaan menulis teks eksposisi bermuatan nilai-nilai sosial terbukti mampu meningkatkan kemampuan menulis teks eksposisi pada siswa kelas VII A SMPN 2Ungaran. Buku pengayaanmenulis teks eksposisi bermuatan nilai-nilai sosial hendaknya digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran menulis teks eksposisi oleh guru maupun siswa. Bahan ajar menulis teks eksposisi perlu dikembangkan oleh pemerhati pendidikan untuk melengkapi buku pengayaan menulis teks eksposisi. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memperkaya khasanah buku pengayaan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas: | UNSPECIFIED |
Depositing User: | A.Md Angga Rizky Purwandra |
Date Deposited: | 04 Apr 2017 14:23 |
Last Modified: | 04 Apr 2017 14:23 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26355 |
Actions (login required)
View Item |