EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MODUL KETERAMPILAN DASAR MENJAHIT PADA HASIL BELAJAR MENJAHIT DI PANTI ASUHAN DAARUL HADLONAH


Siti Sarah Ermalena, 5401410076 (2016) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MODUL KETERAMPILAN DASAR MENJAHIT PADA HASIL BELAJAR MENJAHIT DI PANTI ASUHAN DAARUL HADLONAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5401410076.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (7MB) | Preview

Abstract

Siti Sarah Ermalena, 2016. “Efektivitas Penggunaan Modul Keterampilan Dasar Menjahit Terhadap Hasil Belajar Menjahit di Panti Asuhan Daarul Hadlonah”. Pembimbing Dra. Sicilia Sawitri, M.Pd. Program Studi PKK Konsentrasi Tata Busana, Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Teknik. Universitas Negeri Semarang. Latar belakang penelitian ini yaitu pada Panti Asuhan Daarul Hadlonah terdapat keterampilan menjahit yang merupakan pendidikan nonformal.Keterampilan menjahit memiliki beberapa masalah yaitu keterbatasan waktu peserta didik, serta kurangnya media atau sumber belajar dan pengajar pada bidang busana sehingga keterampilan yang diberikan kurang optimal. Penelitian yang dilakukan menggunakan modul sebagai media pembelajaran yang diharapkan mampu mempermudah pesera didik dalam proses pembelajaran keterampilan menjahit. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahaui : (1) validitas modulpada keterampilan menjahit; (2) efektivitas modul pada hasil belajar menjahit; dan (3) besar efektivitas. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan desain preexperimental one group pre-test post-test.Populasi penelitian yaitu anak asuh berjumlah 35 anak.Sampel diambil menggunakan teknik sampel bertujuan berdasarkan minat anak pada bidang busana yang berjumlah 18 orang dengan karakteristik pendidikan dari SMP sampai SMA/SMK.Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, tes, dan dokumentasi.Instrumen penelitian pada ranah kognitif menggunakan soal pilihan ganda (multiple choice), ranah afektif menggunakan daftar cek (check list), ranah psikomotorik menggunakan penilaian produk (product assessment) dengan rubrik penilaian. Teknik analisis data menggunakan uji t dan efektivitas treatment dianalisis menggunakan rumusgain ternormalisasi. Hasil penelitian yaitu setelah modul disusun dan diuji kelayakan, diperoleh hasil rata-rata dari ahli media 3,55 dan ahli materi 3,43 sehingga modul dikategorikan layak digunakan. Hasil penelitian diperoleh thitung 4,06>ttabel 2,11sehingga hipotesis yang diajukan diterima.Kesimpulan yang diperoleh yaitu modul yang digunakan pada keterampilan menjahit mempunyai validitas yang baik, ada efektivitas penggunaan modul terhadap hasil belajar menjahit, serta besar efektivitas dari uji gain sebesar 0,56 dan termasuk pada kategori sedang. Saran yang dapat diberikan yaitu (1) latihan dalam modul lebih sering dikerjakan sehingga hasil belajar yang diperoleh akan lebih bagus; (2) modul dapat digunakan pada pembelajaran lain dengan karakteristik pendidikan peserta didik yang sama maupun beragam; (3) modul kedepannya dapat dikembangkan dalam bentuk digital sehingga pendistribusian dapat lebih ekonomis, efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Modul, Keterampilan, Dasar, Menjahit, Hasil Belajar
Subjects: T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY3 Tata Busana S1
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana, S1
Depositing User: Users 38257 not found.
Date Deposited: 04 Apr 2017 12:21
Last Modified: 04 Apr 2017 12:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/25475

Actions (login required)

View Item View Item