PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA MENENTUKAN POKOK PIKIRAN PARAGRAF DENGAN TEKNIK THINK-PAIR-SHARE DI KELAS IV
RIFA IMAMI , 1402908120 (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA MENENTUKAN POKOK PIKIRAN PARAGRAF DENGAN TEKNIK THINK-PAIR-SHARE DI KELAS IV. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA MENENTUKAN POKOK PIKIRAN PARAGRAF DENGAN TEKNIK THINK-PAIR-SHARE DI KELAS IV)
- Published Version
Download (893kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri Ngelokulon 2 menempatkan guru sebagai pusat pembelajaran sehingga keterlibatan siswa dalam pembelajaran sangat kurang. Siswa hanya duduk dan mendengarkan penjelasan guru, sehingga materi yang disampaikan kurang ditangkap secara maksimal. Hal ini menyebabkan kemampuan siswa menentukan pokok pikiran paragraf rendah. Pembelajaran dengan teknik Think-Pair-Share merupakan salah satu upaya yang dapat mengatasi masalah tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) apakah penerapan teknik Think-Pair-Share dalam pembelajaran Bahasa Indonesia mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa di kelas IV?, (2) apakah penerapan teknik Think-Pair-Share dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri Ngelokulon 2 dapat meningkatkan kemampuan siswa menentukan pokok pikiran paragraf?, (3) apakah penggunaan teknik Think-Pair-Share mampu meningkatkan kinerja guru dalam mengajar?. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran melalui teknik Think-Pair-Share, meningkatkan kemampuan siswa menentukan pokok pikiran paragraf dengan teknik Think-Pair-share, meningkatkan kinerja guru melalui pembelajaran dengan teknik Think-Pair-Share. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SD Negeri Ngelokulon 2. Jumlah siswa 18 yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, yang meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik Think-Pair-Share dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan aktivitas dan kemampuan siswa dalam menentukan pokok pikiran paragraf. Hasil aktivitas siswa menunjukkan bahwa pada siklus 1 rerata presentase sebesar 62,84%, pada siklus 2 sebesar 82,5% dan siklus 3 sebesar 87%. Selain itu nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus 1 sebesar 68,23, ketuntasan belajar 70,6%, siklus 2 sebesar 72,8, ketuntasan belajar 83,3% dan siklus 3 sebesar 75, ketuntasan sebesar 87,5%. Nilai tersebut memenuhi indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia dengan teknik Think-Pair-Share mampu meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran, meningkatkan kemampuan siswa menentukan pokok pikiran paragraf dan meningkatkan kinerja guru melalui pembelajaran dengan teknik Think-Pair-Share.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan menentukan pokok pikiran, Think-Pair-Share. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 23 May 2011 06:42 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 04:50 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2518 |
Actions (login required)
View Item |