FABRIKASI KOMPOSIT KARBON BERPORI LIGHTWEIGHT EXPANDED CARBON AGGREGATE (LECA) DARI LIMBAH DAUN SEBAGAI MEDIA TANAM HIDROPONIK


Nita Rosita , 4211412059 (2016) FABRIKASI KOMPOSIT KARBON BERPORI LIGHTWEIGHT EXPANDED CARBON AGGREGATE (LECA) DARI LIMBAH DAUN SEBAGAI MEDIA TANAM HIDROPONIK. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4211412059.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Limbah daun telah dimanfaatkan sebagai Lightweight Expanded Carbon Aggregate (LECA) karena kandungan karbonnya yang tinggi. LECA dapat dimanfaatkan sebagai media penyimpan air untuk tanaman hidroponik. Tanaman hidroponik memerlukan media yang berpori untuk dapat menyimpan air. Kemampuan menyimpan air (absorpsi) LECA dipengaruhi oleh pori. Pori pada LECA diakibatkan adanya ruang kosong yang dibentuk PEG ketika menguap pada saat dipanaskan. LECA dengan variasi persen massa PEG 5%, 10%, 15%, 20%, dan 25% menjadi fokus yang dikaji. Pembuatan LECA dilakukan dengan mencampurkan karbon hasil pirolisis limbah daun dengan PEG dan PVAc. Karakterisasi LECA diketahui dengan menghitung distribusi ukuran pori, porositas, laju absorpsi, laju penguapan, dan kinerjanya sebagai media tanam hidroponik. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa distribusi ukuran pori akan semakin tinggi seiring dengan persen massa PEG yang semakin besar. Persen massa PEG yang semakin tinggi juga berpengaruh pada tingginya porositas, laju absorpsi, dan laju evaporasi. Akan tetapi distribusi ukuran pori, porositas, dan laju absorpsi mengalami saturasi pada penambahan persen massa PEG sebesar 25%. LECA juga efektif sebagai media tanam hidroponik. Hal ini ditunjukkan dengan pertumbuhan yang baik dari biji tanaman yang diujikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: limbah daun, LECA, distribusi ukuran pori, unjuk kerja.
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: Users 38264 not found.
Date Deposited: 20 Apr 2017 17:03
Last Modified: 20 Apr 2017 17:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/25173

Actions (login required)

View Item View Item