TRAINER ELEKTRONIKA DASAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA KELAS X TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK NEGERI 1 MAGELANG


Erika Kurnia Fitri, 5301412058 (2016) TRAINER ELEKTRONIKA DASAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA KELAS X TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK NEGERI 1 MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5301412058.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Fitri, Erika Kurnia. 2016. Trainer Elektronika Dasar sebagai Media Pembelajaran Mata Pelajaran Teknik Elektronika Kelas X Teknik Audio Video di SMK Negeri 1 Magelang. Skripsi. Pendidikan Teknik Elektro, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang. Drs. Suryono, M.T. dan Drs. Agus Suryanto, M.T. Kegiatan pembelajaran mata pelajaran Teknik Elektronika di SMK Negeri 1 Magelang mengalami keterbatasan media, sehingga perlu dioptimalkan proses pembelajarannya agar peserta didik memiliki pemahaman yang kuat untuk mata pelajaran Teknik Elektronika. Sebagai penunjang kegiatan praktik untuk mata pelajaran Teknik Elektronika maka dibutuhkan media trainer yang sesuai dengan isi kompetensi dasar sehingga dapat mendukung pelaksanaan praktik dan target pengetahuan serta ketrampilan yang ditetapkan pada kurikulum 2013 tercapai. Tujuan penelitian ada dua, yaitu (1) membuat Trainer dan Panduan Praktikum Elektronika Dasar , (2) mengetahui tingkat kelayakannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara mendeskripsikan data yang terkumpul. Uji validasi ahli ditujukan ke dua dosen TE Unnes dan satu guru SMK Negeri 1 Magelang. Uji kelayakan ditujukan ke dua guru, 10 siswa kelompok kecil, dan 31 siswa kelompok besar TAV. Penilaian uji validasi dan uji kelayakan dilakukan dengan memberikan kuesioner berupa pernyataan beberapa aspek kepada responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa trainer yang dikembangkan sudah sesuai dengan kurikulum yang digunakan di sekolah yaitu kurikulum 2013. Penilaian uji validasi trainer sebesar 87,49% dan panduan praktikum sebesar 90,425% sehingga trainer dan panduan praktikum sangat valid digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil uji kelayakan oleh guru dan siswa sebesar 84,50% menunjukkan bahwa trainer dan panduan praktikum elektronika dasar sangat layak sebagai media pembelajaran teknik elektronika di SMK Negeri 1 Magelang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Elektronika Dasar, Media Pembelajaran, Trainer.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: Users 38262 not found.
Date Deposited: 16 Apr 2024 03:09
Last Modified: 16 Apr 2024 03:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24617

Actions (login required)

View Item View Item