MINIATUR PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKRO HIDRO ( PLTMH ) SEBAGAI SUMBER LISTRIK TENAGA TERBARUKAN UNTUK SKALA LABORATORIUM


Sheradhyta Wibiyono, 5301412042 (2016) MINIATUR PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKRO HIDRO ( PLTMH ) SEBAGAI SUMBER LISTRIK TENAGA TERBARUKAN UNTUK SKALA LABORATORIUM. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5301412042.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Mikro hidro merupakan sebuah pembangkit listrik tenaga air namun dengan daya kecil serta memerlukan debit air yang kecil tidak sebesar PLTA. Penggunaan mikro hidro belum sepopuler PLTA, sehingga pemanfaatanya belum maksimal. Penggunaan mikdro hidro secara mandiri mampu mendorong percepatan pembangunan daerah tertinggal sebab dengan memanfaatkan mikro hidro maka akan tercipta masyarakat dengan pembangkit listrik mandiri. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana merancang sebuah sistem pembangkit listrik tenaga mikro hidro dengan penggunaan rumah tangga, dengan memanfaatkan energi air dari pompa air, dan dapat digunakan pada rumah tangga. Tujuan penelitian yang akan dicapai adalah membuat suatu prototype sistem pembangkit listrik tenaga mikro hidro dengan daya skala rumah tangga dengan menggunakan inverter 660 Watt dengan real power 90 % dengan daya maksimal 500 Watt. Tahapan penelitian antara lain : perancangan prototype, pembuatan prototype, dan pengujian prototype. Hasil dari penelitian ini menghasilkan prototype pembangkit listrik yang menghasilkan tegangan 2,4 volt dan arus 2,2 ampere. Saran dari penelitian ini adalah komponen yang digunakan pada pemakaian rumah tangga harus disesuaikan, alternator harus menggunakan kumparan yang kecil serta penggunaan pulley harus sesuai agar putaran alternator akan maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prototype Mikrohidro
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: Users 38262 not found.
Date Deposited: 16 Apr 2024 03:08
Last Modified: 16 Apr 2024 03:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24613

Actions (login required)

View Item View Item