EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR RIAS WAJAH PADA MALAM HARI DI SMK NEGERI 1 PEKALONGAN


Rana Bella, 5402411053 (2016) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR RIAS WAJAH PADA MALAM HARI DI SMK NEGERI 1 PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR RIAS WAJAH PADA MALAM HARI DI SMK NEGERI 1 PEKALONGAN]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR RIAS WAJAH PADA MALAM HARI DI SMK NEGERI 1 PEKALONGAN)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran merias wajah pada malam hari merupakan materi siswa kelas X yang berasal dari lulusan SMP. Jadi, tidak semua siswa mengetahui tentang langkah-langkah merias secara tepat. Sebagai pemula siswa masih awam pengetahuan dibidang tata kecantikan, sehingga siswa kurang memahami. Nilai yang diperoleh dari hasil belajar siswa masih dibawah nilai KKM. Maka salah satu caranya dengan penambahan media pembelajaran yaitu media video yang diharapkan dapat efektif meningkatkan hasil belajar. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas media video rias wajah pada malam hari dan efektivitas penggunaan media video terhadap hasil belajar untuk rias wajah pada malam hari di SMK Negeri 1 Pekalongan. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pretest posttest design. Populasinya adalah siswa kelas X jurusan kecantikan kulit dengan jumlah 33 siswa. Sampel diambil dengan teknik total sampling. Variabel bebas (X) yaitu media video sedangkan variabel terikat (Y) yaitu hasil belajar siswa kelas X kecantikan kulit. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, dokumentasi, dan observasi. Berdasarkan hasil validitas dari pakar ahli media sebesar 83,92%, ahli teknologi pendidikan 95%, dan ahli materi 93,18%, 95,45%, rata-rata persentase 91,88% dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil analisis peningkatan hasil belajar siswa aspek kognitif sebesar 15,20%. peningkatan hasil belajar siswa aspek afektif sebesar 14,90%. Peningkatan hasil belajar siswa aspek psikomotorik sebesar 12,20%. Simpulan dalam penelitian ini adalah (1) Validitas penggunaan media video termasuk dalam kategori sangat layak (2) Penggunaan media video efektif terhadap hasil belajar siswa materi rias wajah pada malam hari untuk siswa SMK Negeri 1 Pekalongan. Saran (1) Untuk guru agar dapat menerapkan media video untuk meningkatkan hasil belajar siswa guru SMK Negeri 1 Pekalongan dalam mengajarkan meteri rias wajah pada malam hari ataupun pada materi lainnya, mengingat melalui media ini materi yang disampaikan lebih mudah dipahami oleh siswa (2) Sebaiknya didepan kelas terpasang layar LCD agar gambar terlihat jelas (3) Penggunaan media video membutuhkan kerja keras dan kreatifitas guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Media video, Rias wajah pada malam hari, dan Hasil Belajar
Subjects: T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY4 Tata Kecantikan S1
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Kecantikan, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 17 Oct 2016 10:58
Last Modified: 17 Oct 2016 10:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24289

Actions (login required)

View Item View Item