METODE EKSPERIMEN DENGAN MENGGUNAKAN AIR BLENG DAN GARAM DAPUR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KERJA ILMIAH DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM MATERI LISTRIK DINAMIS


-, Krisjatyono (2016) METODE EKSPERIMEN DENGAN MENGGUNAKAN AIR BLENG DAN GARAM DAPUR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KERJA ILMIAH DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM MATERI LISTRIK DINAMIS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi_Krisjatyono_cover_dan_BAB_1.pdf]
Preview
PDF
Download (331kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses pembelajaran fisika dan penggunaan metode eksperimen termotivasi sehingga termotivasi belajar fisika dan meningkatkan kreativitas kerja ilmiah siswa. Penelitian ini berlatar belakang atas masalah kurangnya motivasi dan kerja ilmiah siswa dan siswi di MTs SA Manba’ul Qur’an. Madrasah tersebut terletak di dekat di Desa Kali Ulo Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang yang terdapat sumber air panas yang disebut dengan air bleng. Warga sekitar sering menggunakannya untuk merebus gendar sebagai pengenyal. Jenis penelitian yang digunakan desain eksperimen dengan bentuk Pre- Experimental Design. Dalam desain eksperimen ini tidak ada variabel kontrol (kelas kontrol) dan dipilih secara random. Subjek penelitian ini adalah siswasiswi kelas IX di Mts PSA Manba’ul Qur’an yang berjumlah 24 siswa. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan 26 maret sampai 21 April 2016. Data penelitian diperoleh dari lembar observasi untuk aktivitas belajar siswa, soal pretest dan posttest untuk hasil belajar siswa dan angket untuk skala sikap serta motivasi belajar siswa. Hasil penelitiannya berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, diperoleh hasil baik untuk kelas eksperimen, Hal tersebut berarti data terdistribusi normal sehingga digunakan statistik parametris. Dari analisis data pada lampiran diperolehan rata-rata n- gain motivasi belajar siswa sebesar 0,536 yang termasuk dalam kategori sedang. Hal ini berarti motivasi belajar siswa meningkat. Pembelajaran fisika dengan metode eksperimen menggunakan air bleng dan garam dapur juga mampu meningkatkan kinerja ilmiah siswa siswa. Peningkatan ini dibuktikan dengan nilai rata-rata kinerja ilmiah siswa dalam pertemuan I diperoleh 63 dan meningkat menjadi 79.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Abadi M. Kholid Baror
Date Deposited: 16 Apr 2024 02:22
Last Modified: 16 Apr 2024 02:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24136

Actions (login required)

View Item View Item