KELAYAKAN KEANEKARAGAMAN HAYATI DARI MINYAK KELAPA DAN MADU SEBAGAI BAHAN DASAR PEMBUATAN MASKER GEL UNTUK RAMBUT KERING


Yusi Septiani Sugiharto , 5402411018 (2016) KELAYAKAN KEANEKARAGAMAN HAYATI DARI MINYAK KELAPA DAN MADU SEBAGAI BAHAN DASAR PEMBUATAN MASKER GEL UNTUK RAMBUT KERING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KELAYAKAN KEANEKARAGAMAN HAYATI DARI MINYAK KELAPA DAN MADU SEBAGAI BAHAN DASAR PEMBUATAN MASKER GEL UNTUK RAMBUT KERING]
Preview
PDF (KELAYAKAN KEANEKARAGAMAN HAYATI DARI MINYAK KELAPA DAN MADU SEBAGAI BAHAN DASAR PEMBUATAN MASKER GEL UNTUK RAMBUT KERING)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Minyak kelapa banyak digunakan pada bidang kecantikan sebagai minyak rambut. Penelitian ini mengeksplor perawatan kecantikan rambut menggunakan masker rambut yang dibentuk berupa gel dengan komposisi minyak kelapa dan madu untuk perawatan rambut kering kasar. Tujuan penelitian ini adalah: (1)Mengetahui validitas pembuatan masker rambut gel dari minyak kelapa dan madu;(2)Mengetahui kelayakan keanekaragaman hayati dari minyak kelapa dan madu sebagai masker gel rambut dilihat dari uji klinis, uji kesukaan, uji inderawi. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen. Subjek pada penelitian ini adalah wanita yang memiliki kriteria rambut kering berjumlah 15 orang. Variabel penelitian ini yaitu masker gel minyak kelapa dan madu sebagai variabel bebas, rambut responden yang memiliki kriteria kering kasar sebagai variabel terikat, dan carbomer dengan komposisi 30ml sebagai variabel kontrol. Validitas instrumen menggunakan ekspert judgment. Analisis statistik menggunakan Uji t dan Rerata. Pembuatan masker rambut berbentuk gel, dilakukan dengan pencampuranminyak kelapa murni, madu dan carbomer dengan komposisi produk A 120ml minyak kelapa : 120ml madu, produk B 160ml minyak kelapa : 80 ml madu, Produk C 80ml minyak kelapa murni : 160ml madu menggunakan mixer yang dipanaskan di atas api dengan suhu panas stabil guna mendapatkan hasil masker rambut gel yang homogen. Berdasarkan hasil rerata uji klinis yang dilakukan treatment sebanyak 6 kali selama 3 minggu diperoleh hasil perhitungan bahwa yang mengalami perubahan paling tinggi terdapat pada produk B dengan hasil penilaian rerata 2,70 sementara produk C dengan hasil penilaian rerata 2,30 dan produk A dengan hasil penilaian rerata 2,20 perubahan kondisi rambut yang terjadi pada produk C dan A tidak begitu maksimal hanya saja kerontokan yang berkurang, sedangkan perubahan yang terjadi pada produk B kondisi rambut menjadi lebih lembut karena kandungan nutrisi lemak yang berasal dari minyak kelapa murni. Ditinjau dari uji inderawi dari ketiga produk, produk B 2,78 dengan kriteria berkualitas, skor paling rendah adalah produk C 2,46 dengan kriteria kurang berkualitas, Ditinjau dari uji kesukaan hasil rerata produk dengan nilai tertinggi terdapat pada produk B 3,48 dengan kriteria sangat suka dan terendah pada produk A 3,24 dengan kriteria suka. Simpulan: Minyak kelapa murni dan madu layak digunakan sebagai bahan dasar pembuatan masker rambut gel untuk rambut kering ditinjau dari hasil penilaian uji klinis, uji kesukaan, dan uji inderawi. Saran : penggunaan masker vii rambut berbentuk gel berbahan dasar minyak kelapa dan madu sebagiknya digunakan dalam jangka panjang agar hasil pada rambut maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minyak Kelapa dan Madu, Masker Gel, Rambut Kering
Subjects: T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY4 Tata Kecantikan S1
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Kecantikan, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2016 17:05
Last Modified: 06 Oct 2016 17:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24085

Actions (login required)

View Item View Item